Tabungan Utsman Diluncurkan, Ini Pendapat Warga Bukittinggi

Rabu, 23 Maret 2022, 23:16 WIB | Bisnis | Kota Bukittinggi
Tabungan Utsman Diluncurkan, Ini Pendapat Warga Bukittinggi
Kota Bukittinggi, Erman Safar menanyai calon nasabah Tabungan Utsman, usai peluncuran di Pasar Bawah, Rabu. (hamriadi)

BUKITTINGGI (23/3/2022) - Dengan mata berkaca-kaca, Suryani menceritakan kisahnya yang masih terjerat rentenir pada Wako Bukittinggi, Erman Safar saat peluncuran Tabungan Utsman, di Pasar Bawah, Rabu.

"Sehari-hari, saya menjual ketupat. Saya terjerat hutang ke rentenir Rp2,5 juta," ungkap Suryani, salah seorang penerima bantuan modal kerja Tabungan Utsman, sebuah program kolaborasi Pemko Bukittinggi dengan BPRS Jam Gadang.

"Pak wali lalu menyuruh saya berhenti saat ini juga direntenir dan beralih ke Tabungan Utsman. Utang ke rentenir itu dilunasi langsung pak wali," ungkap Suryani dengan nada gembira.

Sembari menangis seakan tidak percaya, ia menyampaikan rasa terima kasih atas perhatian Erman Safar saat berdiskusi ringan dengannya.

Baca juga: Erman Safar Bagikan Bansos Triwulan II 2024 Sebesar Rp2,4 Miliar, Diterima Tunai oleh 4.333 RTS

Hal senada disampaikan Fatmawati, yang mendapat pinjaman Rp10 juta. Dia berharap, bantuan itu jadi berkah atas usaha yang digelutinya saat ini.

"Kami makin tenang dengan Tabungan Utsman ini. Karena, proses pembiayaan melalui pengawasan ketat bersama Majelis Ulama Indonesia, terkait akad dan teknis penyaluran," ungkap Fatmawati.

Sementara, Wali Kota Bukittinggi, Erman Safar menegaskan, peminjam segera melunasi utang setelah pembiayaan dilakukan. Karena, akad yang dilakukan sudah sesuai tuntunan syariat.

"Untuk keberlangsungan pembiayaan ini, peminjam juga harus taat aturan yakni disiplin melunasi utangnya. Karena, utang adalah kewajiban. Mari sama kita besarkan BPR Syariah, karena ini milik kita bersama antara pemerintah, tokoh adat dan masyarakat," kata Erman.

Baca juga: 5 Hari Libur Lebaran, 24.013 Orang Kunjungi Stasiun Lambuang Bukittinggi

Plafon Maksimal Rp20 Juta

Halaman:

Penulis:
Editor: Devan Alvaro
Sumber:

Bagikan: