Musrenbang RKPD Bukittinggi 2023, Wako: Alhamdulillah, Kita Sudah Satu Visi

Al Imran | Kamis, 24-03-2022 | 13:26 WIB | 190 klik | Kota Bukittinggi
<p>Musrenbang RKPD Bukittinggi 2023, Wako: Alhamdulillah, Kita Sudah Satu Visi<p>

Wako Bukittinggi, Erman Safar memberikan ucapan selamat pada Kajari Bukittinggi, Ferizal yang berulang tahun ke-53 usai pembukaan Musrenbang RKPD 2023, di balai sidang Bung Hatta, Kamis. (hamriadi)

BUKITTINGGI (24/3/2022) - Wali Kota Bukittinggi, Erman Safar menyebutkan, fokus program dan kegiatan di tahun anggaran 2023 nanti, memenuhi kebutuhan pokok masyarakat dan aspek sosial pendidikan, memprioritaskan pembangunan ekonomi.

"Rehabilitasi bangunan di seputaran Pasar Atas dan Pasar Putih, merupakan diantara kegiatan prioritas pembangunan ekonomi yang jadi rencana kita di tahun anggaran 2023 nanti," ungkap Erman saat memberikan arahan di Musrenbang Rencana Kerja Pemerintah Daerah (RKPD) 2023 di Balai Sidang Bung Hatta, Kamis.

Program pririotas pembangunan ekonomi lainnya yang digagas duet Erman Safar-Marfendi di tahun anggaran 2023 nanti yakni pengembangan kawasan dan optimalisasi objek wisata. Kemudian, juga membangun sport center, mess atlet, alun-alun dan taman kota.


"Tahun anggaran 2022 ini, merupakan tahun pertama realisasi program dan kegiatan sesuai visi-misi yang telah dituangkan dalam Perda RPJMD Bukittinggi. Alhamdulillah, usulan kita disetujui DPRD. Kita sudah satu visi," ungkap Erman.

Dikatakan Erman, RKPD 2023 Bukittinggi, masih berkutat pada tema besar tentang keberlanjutan pemenuhan kebutuhan dasar dan penguatan ekonomi kerakyatan, dalam rangka pemilihan ekonomi pasca pandemi.

Sementara, Kepala Bapelitbang Bukittinggi, Rismal Hadi menyampaikan, musyawarah rencana pembangunan (Musrenbang) RKPD Tahun 2023 merupakan salah satu implementasi perencanaan partisipatif Pemko dalam menyusun program dan kegiatan di tahun depan.

"Fokus kita di tahun depan, meningkatkan aspek ekonomi, kesehatan, pendidikan, sosial, budaya, olahraga juga kepariwisataan," paparnya.

Musrenbang RKPD Bukittinggi 2023 ini, juga dihadiri Anggota Fraksi Partai Gerindra DPR RI, Ade Risky Pratama. Dia mengucapkan terimakasih pada kepala daerah Bukittinggi yang telah menjalankan amanat rakyat dengan baik.

"Kita mengapresiasi semua pencapaian yang telah ditorehkan hingga sampai saat ini," ungkap dia.

Sementara, Ketua DPRD Bukittinggi, Benny Yusrial dikesempatan itu menyentil, minimnya anggaran yang dialokasikan untuk RSUD Bukittinggi yang baru beberapa tahun terakhir beroperasi. "Kesehatan merupakan salah satu bulir visi misi kepala daerah. Kalau anggarannya kecil, tentu mempengaruhi pencapaian target RPJMD 2021-2026," terangnya.

Pada sesi penutupan, berlangsung ucapan selamat ulang tahun pada Kajari Bukittinggi, Ferizal yang berulang tahun hari ini. Pimpinan Korps Adhyaksa Kota Bukittinggi ini genap berusia 53 tahun.

RKPD merupakan salah satu instrumen evaluasi kinerja penyelenggaraan pemerintahan daerah. Melalui evaluasi terhadap pelaksanaan RKPD ini dapat diketahui sampai sejauh mana capaian kinerja RPJMD sebagai wujud dari kinerja penyelenggaraan pemerintahan daerah hingga tahun berkenaan. (ham)

Install aplikasi Valora News app di Google Play

Komentar

Berita Kabar Daerah