Stand Dekranasda Agam Diminati Pengunjung Pameran Kerajinan Inacraft 2022

Al Imran | Kamis, 24-03-2022 | 17:47 WIB | 426 klik | Kab. Agam
<p>Stand Dekranasda Agam Diminati Pengunjung Pameran Kerajinan Inacraft 2022<p>

Sejumlah pengunjung, melihat produk yang dipamerkan Dekranasda Agam di ajang Pameran Kerajinan Inacraft 2022 di Jakarta Convention Center (JCC) yang digelar selama lima hari, 23-27 Maret 2022. (humas)

JAKARTA (24/3/2022) - Dekranasda Agam ikuti Pameran Kerajinan Inacraft 2022 di Jakarta Convention Center (JCC) selama lima hari, 23-27 Maret 2022. Agam memamerkan Sulaman Kapalo Samek, Suji Caia ataupun Perak, Kuningan, Songket dan Bordiran Suji Koto Gadang.

"Dari sekian banyak yang kita pamerkan, salah satu yang jadi perhatian itu adalah stelan outer plus iner gamis suji bordiran. Namun, untuk berapa jumlah terjual, belum diketahui," ungkap Ketua Dekranasda Agam, Yenni Andri Warman, Rabu.

Dikatakan Yeni, stand Agam Dekranasda yang bekerjasama dengan Dinas Perindagkop dan UKM itu, terbilang ramai didatangi pengunjung. Termasuk, ibu-ibu ketua Dekranasda dari berbagai daerah, bahkan wisatawan pun ramai yang mengunjungi


"Keikutsertaan Agam pada ajang ini, sebagai upaya mengembangkan dan memperkenalkan kerajinan unggulan daerah," tambah Yenni didampingi Wakil Ketua Dekrasda, Titik Irwan Fikri, Wakil Ketua Harian, El Edi Busti dan Kadis Perindagkop dan UKM, Dedi Asmar.

Dijelaskan, substansi dari kegiatan itu bukan hanya pemajangan dan pameran produk, namun bagaimana pihaknya bisa meningkatkan inovasi kreativitas dan desain, agar dapat bersaing di pasar global.

"Apalagi saat ini kita sudah pasar bebas, tentunya harus lebih kreatif dalam pemasaran produk," terangnya.

Dikesempatan itu, Yenni bersama pengurus lainnya melakukan kunjungan ke stand daerah lain.

Menurut istri bupati itu, kunjungannya ke sejumlah stand dalam rangka silaturahmi dengan pengurus dan pengrajin yang ada di setiap daerah di Indonesia.

"Sekalian, kita bisa mengambil perbandingan apa saja yang kurang di stand kita. Agar ke depan mana yang kurang bisa kita benahi lagi," ujarnya.

Pameran kerajinan Inacraft 2022 ini, diselenggarakan PT Mediatama Binakreasi, Asosiasi Eksportir dan Produsen Handicraft Indonesia. Iven ini diikuti 722 peserta selama lima hari. Pada pameran ke-17 tahun ini, Inacraft hadir dengan mengusung tema "Smiling Heritage of West Java; From Smart Village to Global Market."

Digelar Hybrid

Ketua Asosiasi Eksportir dan Produsen Handicraft Indonesia, Muchsin Ridjan, dalam jumpa persnya menyebutkan, pameran besar se-Asia Tenggara itu diselenggarakan secara hybrid dan masyarakat juga bisa mengunjungi lokasi pameran secara gratis atau tidak dipungut biaya sepeser pun.

"Dari 722 peserta hadir terdiri dari 510 peserta individu, 169 peserta binaan dinas dan 43 peserta binaan BUMN," ujarnya.

Ia berharap, Inacraft tahun ini dapat membantu meningkatkan ekonomi, termasuk secara daring.

Produk yang dijual, jelasnya, merupakan barang-barang kerajinan, seperti batik, tenun, dan songket. Selain itu, Inacraft memamerkan perabot ukiran kayu misalnya patung, dan bingkai lukisan. Tidak hanya itu, Inacraft juga menyediakan produk-produk perhiasan, misalnya batu dan mutiara. (kyo)

Install aplikasi Valora News app di Google Play

Komentar