Layanan Digital Bank Nagari Rambah Entitas Bisnis hingga Masjid dan Mushalla

Jumat, 25 Maret 2022, 21:06 WIB | Bisnis | Provinsi Sumatera Barat
Layanan Digital Bank Nagari Rambah Entitas Bisnis hingga Masjid dan Mushalla
Seorang pengunjung Cafe Bilqis, memanfaatkan layanan QRIS yang tersedia di kasir.

PADANG (25/3/2022) - Menikmati terbenamnya matahari dari Gunung Padang sembari menikmati aneka kudapan yang tersedia di Cafe Bilqis, jadi pilihan penulis spesialis biografi, Fajar Rusvan bersama tiga rekan, Selasa (22/3/2022) sore.

Setelah memesan penganan yang diinginkan plus air kelapa muda sebagai pelepas dahaga, di antara mereka terlibat pembicaraan serius. Adzan Magrib, kemudian membatasi pembicaraan atas sejumlah rencana yang akan digagas. Beruntung, pembicaraan juga telah tuntas.

Tagihan pun diminta ke pramusaji cafe yang menghadap ke Pulau Pisang Gadang dan gugusan pulau-pulai kecil lainnya di perairan laut Kota Padang itu. Selesai shalat magrib di cafe yang dilengkapi mushalla itu, rombongan bergegas ke arah kasir.

"Bisa membayar pakai sistem non tunai di sini ya. Ada logo QRIS-nya," ungkap dosen Sejarah Fakultas Ilmu Budaya Unand, Dr Zaiyardam Zubir, rekan diskusi Fajar Rusvan di sore itu.

Baca juga: Bank Nagari Gelar Bazar Paket Pangan Murah, Pembayaran Pakai QRIS

"Iya, pak. Kita juga menerima pembayaran non tunai. Bisa melayani transaksi non tunai dari Bank Nagari dan bank nasional lainnya," kata Lala, menjawab tanya.

Pengelola Cafe Bilqis, Riki mengungkapkan, transaksi secara tunai masih mendominasi di cafenya itu. Namun, juga ada yang memanfaatkan pembayaran non tunai dengan QRIS ini.

"Pembayaran non tunai ini, tersedia sejak Pandemi Covid19 mulai menyebar hingga ke Padang. Ini merupakan bentuk layanan ke pelanggan yang tak ingin kontak fisik terlalu sering dengan orang lain. Secara umum, pengguna layanan QRIS ini kelas menengah kota," ungkap Riki seputar layanan QRIS yang disediakannya.

Quick Response Code Indonesian Standard atau biasa disingkat QRIS (dibaca KRIS) adalah penyatuan berbagai macam QR dari berbagai Penyelenggara Jasa Sistem Pembayaran (PJSP) menggunakan QR Code.

Baca juga: BI Sumbar Perkenalkan QRIS Tuntas untuk Berbagi THR, Ini Caranya

QRIS dikembangkan oleh industri sistem pembayaran bersama dengan Bank Indonesia, agar proses transaksi dengan QR Code dapat lebih mudah, cepat, dan terjaga keamanannya. Cara menggunakan QRIS, merchant hanya perlu membuka rekening atau akun pada salah satu penyelenggara QRIS yang sudah berizin dari BI. Selanjutnya, merchant sudah dapat menerima pembayaran dari masyarakat menggunakan QR dari aplikasi manapun penyelenggaranya.

Halaman:

Penulis:
Editor: Devan Alvaro
Sumber:

Bagikan: