Atiqah Hasiholan Bangkitkan Kembali Marsinah, Ratna: Jangan Ada Lagi Cebong dan Kampret

Sabtu, 26 Maret 2022, 20:30 WIB | Wisata | Nasional
Atiqah Hasiholan Bangkitkan Kembali Marsinah, Ratna: Jangan Ada Lagi Cebong dan Kampret
Atiqah Hasiholan berperan sebagai Marsinah dalam monolog karya Ratna Sarumpaet, Kamis malam di Museum Benyamin Sueb, Jatinegara, Jakarta Timur.

JAKARTA (24/3/2022) - "Marsinah Menggugat" kembali ditampilkan. Kali ini adalah Atiqah Hasiholan yang berperan sebagai Marsinah dalam monolog karya Ratna Sarumpaet itu.

Marsinah adalah seorang buruh wanita dari Sidoarjo, Jawa Timur, yang kisah tragisnya mewarnai perjalanan gerakan prodemokrasi Indonesia di era 1990an. Karena memperjuangkan nasib buruh di pabrik tempatnya bekerja, Marsinah tewas dibunuh secara sadis dan mengerikan.

Pementasan cuplikan monolog "Marsinah Menggugat" dilakukan dalam peluncuran biografi Ratna Sarumpaet berjudul "Aku Bukan Politikus" yang diterbitkan Booknesia, Kamis malam di Museum Benyamin Sueb, Jatinegara, Jakarta Timur.

Atiqah Hasiholan tampil memukau dan memikat di atas panggung, menyempurnakan peluncuran buku yang berlangsung secara sederhana dan khidmat. Kemampuannya menampilkan Marsinah dan problematika pembangunan dan demokrasi Indonesia rasanya tak kalah dengan penampilan Ratna Sarumpaet, yang adalah ibunya, lebih dari dua dekade lalu.

Baca juga: JMSI dan KPU RI Tandatangani Nota Kesepahaman Kepemiluan

Peluncuran yang dilakukan secara hybrid itu juga diikuti sejumlah sahabat Ratna Sarumpaet seperti Jajang C. Noer, Adhie Massardi, dan Hatta Taliwang, serta kerabatnya.

Di bagian awal peluncuran, pendongeng Agus Nur Amal PMTOH dengan tak kalah memukau menceritakan kisah yang ditulis Ratna Sarumpaet di dalam bukunya itu.

Mulai dari perjalanan masa kecil dan keluarga Ratna Sarumpaet, perkenalannya dengan dunia teater, aktivitas pembelaan HAM dan kemanusiaan yang dilakukannya, sampai sepak terjangnya di dunia politik.

CEO RMOL Network, Teguh Santosa dalam sambutannya, mengucapkan terima kasih kepada Ratna Sarumpaet dan keluarga yang mempercayakan penerbitan biografi ini kepada Booknesia.

Baca juga: Kembar Winda-Windi Ramaikan Pengukuhan JMSI Jambi

Sementara, Topas Juanda, perwakilan masyarakat Kampung Akuarium di Jakarta Utara, mengatakan, masyarakat mengenal Ratna Sarumpaet sebagai sosok pembela yang tulus dan tidak berpura-pura.

Halaman:

Penulis:
Editor: Devan Alvaro
Sumber:

Bagikan: