Musda Gerakan Pramuka Kwarda 03 Sumbar Ditabuh

Mahyeldi: Diperlukan Bumi Perkemahan Bertaraf Internasional

Al Imran | Minggu, 27-03-2022 | 22:01 WIB | 373 klik | Provinsi Sumatera Barat
<p>Mahyeldi: Diperlukan Bumi Perkemahan Bertaraf Internasional<p>

Gubernur Sumbar, Mahyeldi memukul gong tanda dimulainya Musda Gerakan Pramuka Kwartir Daerah 03 Sumbar, di Padang, Sabtu. (humas)

PADANG (26/3/2022) - Ketua Majelis Pembimbing Daerah (Kamabida) Gerakan Pramuka Sumatera Barat, Mahyeldi menilai, gerakan Pramuka sangat strategis dalam pembinaan generasi muda khususnya dalam menyongsong Indonesia Emas tahun 2045.

"Kedepan, diperlukan kawasan bumi perkemahan yang representatif dan bertaraf internasional di Indonesia khususnya di Sumatera Barat ini," ungkap Mahyeldi saat membuka Musyawarah Daerah (Musda) Gerakan Pramuka Kwartir Daerah 03 Sumbar, di Padang, Sabtu.

Dikesempatan itu, Mahyeldi juga mengapresiasi eksistensi Gerakan Pramuka Sumbar selama ini, yang telah banyak berkontribusi dalam menjaga dan merawat keberagaman bangsa. Nilai-nilai yang ada di Gerakan Pramuka serta kepeduliannya yang sangat tinggi, ungkap dia, sangat berperan besar dalam merawat keberagaman.


"Gerakan Pramuka sebagai organisasi kepanduan harus mampu berperan secara dinamis seiring perkembangan zaman sehingga eksistensi Gerakan Pramuka tetap mendapat apresiasi tinggi di tengah masyarakat," ungkap Mahyeldi yang juga gubernur Sumatera Barat.

"Gerakan Pramuka juga berperan penting memberikan solusi sebab masih menjadi bahagian terdepan dalam memberikan komitmen yang kuat dalam kemaslahatan masyarakat," tambah dia.

Musda yang berlangsung selama dua hari, hingga 28 Maret 2022 ini, mengusung tema "Wujudkan Kepedulian dan Perkuat Bela Negara dalam Gerakan Pramuka." Agenda ini diikuti perwakilan 19 Kwartir Cabang (Kwarcab) se-Sumbar.

Pembukaan ditandai dengan pemukulan gong oleh gubernur didampingi Sekjen Kwarnas, Mayjen (Purn) Bachtiar Utomo, Anggota DPRD Sumbar, Maigus Nasir, Ketua Harian Kwartir 03 Sumbar, Yulius dan Ketua Panitia Musda, Edwar Syah Ramli.

Sementara, Mayjen (Purn) Bachtiar Utomo dalam sambutannya mengucapkan terima kasih pada gubernur dan wakil gubernur selaku Ketua Mabida dan Wakil Ketua Mabida Sumatera Barat, yang terus memberikan dukungan baik moril maupun materiil bagi pelaksanaan kegiatan kepramukaan di Provinsi Sumbar.

Menurut Bachtiar, pada tahun 2022 ini, terdapat sejumlah kegiatan nasional penting Pramuka antara lain Jambore Nasional XI di Cibubur, pada 14-21 Agustus 2022.

Kemudian ada juga kegiatan Perkemahan Bakti Satuan Karya Bhayangkara (Pertikara) Tingkat Nasional di Sumatera Selatan, Perkemahan Antar Satuan Karya (Peran Saka) Tingkat Nasional di Bangka Belitung, dan Perkemahan Bela Negara di Bengkulu.

"Saya berharap, baik Mabida maupun pengurus Kwarda Sumatera Barat, dapat terus memberikan perhatian pada para Pembina Pramuka di gugus depan di seluruh provinsi ini," harap dia.

"Saya berharap, Kwartir Daerah Sumatera Barat dapat berperan aktif dalam kegiatan-kegiatan tahun 2022 dan mengirimkan kontingen terbaiknya," tambahnya. (kyo)

Install aplikasi Valora News app di Google Play

Komentar