Erman Safar Wujudkan Janji Kampanye 1 Kelurahan 1 Rumah Tahfiz, Diresmikan UAS

Al Imran | Senin, 28-03-2022 | 23:08 WIB | 356 klik | Kota Bukittinggi
<p>Erman Safar Wujudkan Janji Kampanye 1 Kelurahan 1 Rumah Tahfiz, Diresmikan UAS<p>

Wali Kota Bukittinggi, Erman Safar bersama UAS dan Ustadz Jel Fathullah foto bersama usai peresmian secara simbolis di Bukittinggi Quran Center (BQC) Mandiangin, Senin. (hamriadi)

BUKITTINGGI (28/3/2022) - Wali Kota Bukittinggi, Erman Safar merealisasikan program 1 kelurahan 1 rumah tahfidz seiring diresmikan 12 rumah tahfiz se-Kota Bukittinggi. Selain itu, juga diserahkan dana hibah tahun anggaran 2022 untuk menyukseskan program 1 kelurahan 1 rumah tahfidz sebesar Rp1,8 miliar.

"Hari ini setahun lebih pasangan Erman Safar-Marfendi telah dilantik. Alhamdulillah, program yang dulu kita janjikan kepada masyarakat, 1 Kelurahan 1 Pondok tahfiz dapat diwujudkan di tahun anggaran 2022 ini," ungkap Wali Kota Bukittinggi, Erman Safar saat peresmian program, Senin.

Peresmian 12 rumah tahfiz ini, secara simbolis digelar di Bukittinggi Quran Center (BQC) Mandiangin. Peresmian ini juga dihadiri Ustadz Abdul Somad.


"Ada 12 rumah tahfiz yang kita bantu untuk tahap pertama ini. Empat di antaranya baru dibuat serta delapan lainnya sudah ada sebelumnya dan jadi binaan Pemko Bukittinggi," ungkap Erman.

Dikatakan, telah ada 26 unit rumah tahfiz di Bukittinggi hingga Maret 2022 ini. Kedepan, tentunya akan disamakan pembiayaannya. "Saat ini, Rp150 juta per tahun per rumah tahfiz, dibantu untuk operasionalnya," ungkap Erman.

Untuk tahun ajaran baru, akan tambah operasional untuk muatan lokal bagi pelajar tingkat SD dan SMP negeri di Bukittinggi. Perencanaannya sudah disiapkan untuk dilaksanakan mulai tahun ajaran baru nanti.

Butuh Proses

Ustadz Abdul Somad mengapresiasi atas berjalannya program 1 kelurahan 1 rumah tahfidz yang direncanakan Erman Safar yang telah disampaikan sejak masa kampanya kepala daerah di 2020 lalu.

"Untuk memudahkan dakwah, para ulama butuh pemimpin daerah yang mendukung program keagamaan," terangnya.

"Alhamdulillah, Wali Kota Bukittinggi dapat merealisasikan janjinya. Memang butuh proses untuk menjalankan program," tukas dia.

"Pertama program Tabungan Utsman dan kedua program satu kelurahan satu rumah tahfiz. Dakwah, tidak hanya dengan khutbah, tapi bisa dilakukan dengan program seperti ini. Insya Allah dapat juga dilakukan di daerah lain nantinya," ungkap UAS.

Lulusan Maroko ini berpesan, harus ada sinergi antara guru rumah tahfiz dengan orang tua di rumah.

"Saya mengajak warga Bukittinggi yang punya rumah banyak, waqafkan untuk jadi rumah Quran," ajaknya.

"Masyarakat Bukittinggi di perantauan, mari bantu rumah tahfiz. Ini akan jadi warisan yang pahalanya akan mengalir hingga akhirat nanti," tambah UAS. (ham)

Rumah Tahfiz yang diresmikan:

  1. Rumah Tahfiz Masjid Jamiak Gunjo Kel. Koto Selayan
  2. Rumah Tahfiz Miftahul Jannah Kel. Kubu Gulai Bancah
  3. Rumah Tahfiz Syukur Nikmat Kel. Puhun Tembok
  4. Masjid Agung Kel. ATTS
  5. Masjid Raya Kel. Benteng Pasar Atas
  6. Surau Balai Banyak Kel. Parit Antang
  7. AL Ikhlas Kel. Bukit Apit Puhun
  8. Ukhwatul Qur'an Kel. Aur Kuning
  9. Ashabul Qur'an Kel. Pakan Kurai
  10. Darul Muttaqin Kel. Belakang Balok
  11. Bukittinggi Quran Center Kel Campago Ipuah
  12. Bunayya Kel. Tarok Dipo

Install aplikasi Valora News app di Google Play

Komentar