Tempuh Pendidikan Paket A di PKBM Lokomotif

Bantu Laptop, Wako Padang Berupaya Wujudkan Harapan Siswa Disabilitas jadi Design Grafis

Al Imran | Selasa, 29-03-2022 | 11:30 WIB | 337 klik | Kota Padang
<p>Bantu Laptop, Wako Padang Berupaya Wujudkan Harapan Siswa Disabilitas jadi Design Grafis<p>

Camat Padang Timur, Siska Meilani dan Pembina PKBM Lokomotif, Nurul Maulida foto bersama dengan Ilham, seusai menyerahkan laptop bantuan Walikota Padang melalui Baznas, Senin. (veby riki yanto)

PADANG (28/3/2022) - Camat Padang Timur, Siska Meilani menyerahkan bantuan satu unit komputer jinjing (laptop) kepada Ilham (17), remaja penyandang disabilitas dari PKBM Lokomotif, Kelurahan Sawahan, Senin.

"Laptop tersebut merupakan bantuan dari Wali Kota Padang Hendri Septa melalui Baznas Kota Padang," ungkap Siska.

Awalnya, menurut Siska, saat melakukan kegiatan sehari berkantor di Kecamatan Padang Timur pada Oktober 2021 lalu, Hendri Septa mengunjungi PKBM Lokomotif. Di kesempatan itu, bertemu dengan Ilham yang sedang mengikuti kegiatan belajar pada program Kejar Paket A.


Siska melanjutkan, saat itu wali kota memberi atensi dan bertanya, apa cita-cita Ilham. Dia menjawab, ingin jadi Design Grafis. Untuk mengapai cita-citanya itu, Ilham membutuhkan sarana yakni komputer atau laptop.

"Atas atensi bapak wali kota, kami dari kecamatan membantu memfasilitasi ke Baznas Kota Padang dan Alhamdulillah hari ini dapat terealisasi," lanjut Siska.

Ia berharap, dengan adanya laptop ini, dapat membantu Ilham dalam meningkatkan kemampuannya hingga bisa mewujudkan cita-citanya jadi seorang design grafis serta membuka peluang kerja.

Sementara, pembina PKBM Lokomotif, Nurul Maulida menjelaskan, Ilham sudah dua tahun bergabung mengikuti program paket A di tempatnya.

Menurut wanita yang akrab dipanggil Nunung ini, dari keterangan yang ia dapatkan, Ilham sejak kecil mengalami kerapuhan pada tulang kaki, sehingga kesultan untuk bersekolah layaknya anak-anak seusianya.

"Dulu, ke sekolah selalu digendong, namun karena kondisi yang terus menurun, maka Ilham hanya bisa bersekolah sampai kelas 4 SD," terang Nunung.

Namun demikian, lanjut Nunung, Ilham memiliki semangat untuk maju. Sesuai jadwal Program Kejar Paket A yang diikutinya, Ilham datang ke PKBM Lokomotif setiap hari Rabu, Kamis dan Jumat, dengan mengendarai sepeda khusus untuk disabilitas yang berasal bantuan dari donatur.

"Tiga hari dalam seminggu, Ilham datang kesini dari rumahnya di daerah Banuaran, Kecamatan Lubuk Begalung. Selama ini, untuk menyalurkan bakatnya di bidang design grafis, Ilham kerap meminjam laptop temannya," terang pensiunan Dinas Pendidikan Padang ini.

Selain membuka program Pakat A, PKBM Lokomotif yang berdiri tahun 2018 ini, juga memberikan pendidikan ketrampilan tata busana, khususnya terhadap anak-anak putus sekolah, guna memberi bekal ketrampilan agar dapat mandiri. (vry)

Install aplikasi Valora News app di Google Play

Komentar