Audy Ajak OPD 'Keroyok' Pembangunan Huntara

Al Imran | Rabu, 06-04-2022 | 14:39 WIB | 195 klik | Kab. Pasaman Barat
<p>Audy Ajak OPD 'Keroyok' Pembangunan Huntara<p>

Wakil Gubernur Sumatera Barat, Audy Joinaldy memberikan sambutan pada kegiatan safari ramadhan di Masjid Raya Baiturrahman, Jorong Padang Tujuh, Nagari Aua Kuniang, Selasa malam. (robi irwan)

PASAMAN BARAT (5/4/2022) - Wakil Gubernur Sumatera Barat, Audy Joinaldy meminta Pemkab Pasaman Barat menentukan lokasi pembangunan Huntara (hunian sementara) sekaligus membentuk kelompok kerjanya. Diharapkan, anggota kelompok kerja ini dari masyarakat terdampak gempa.

Selain itu, Audy juga menyatakan, beberapa bantuan diserahkan secara bertahap, agar masyarakat tetap memiliki cadangan makanan terutama saat bulan Ramadhan. Selain itu, akan ada program-program dari provinsi untuk membantu membangun ekonomi masyarakat terdampak, agar ekonominya pulih kembali terutama masyarakat di Timbo Abu.

"Kunjungan safari ramadhan kali ini, kami bersama tim menyerahkan beberapa bantuan kepada masyarakat Nagari Timbo Abu Ateh sekitarnya, berupa mainan anak-anak, kain sarung, minyak goreng, minuman yogurt serta bantuan pembangunan Huntara dari Ikatan Keluarga Minang (IKM) Papua sebesar Rp27,4 juta," ungkap Audy saat memimpin Safari Ramadhan Pemprov Sumbar ke Pasaman Barat, Selasa malam.


Safari Ramadhan ini dipusatkan di Masjid Raya Baiturrahman, Jorong Padang Tujuh, Nagari Aua Kuniang, Selasa malam. Rombongan Wagub Sumbar, disambut Bupati Pasaman Barat, Hamsuardi dan Wakil Bupati Risnawanto beserta stakeholder terkait lainnya.

Selain melakukan sholat tarawih bersama, Audy dan rombongan juga berkunjung ke Nagari Timbo Abu Ateh, untuk melihat kondisi masyarakat terdampak bencana gempa didaerah itu sekaligus menyerahkan bantuan.

Dikatakan Audy, untuk Huntara ini dianjurkan masing-masing OPD menanggung pembiayaannya. "Misalnya ada 50 OPD, ditambah dari IKM Papua ini, kan cukup lumayan banyak bisa dibangun Huntara," terangnya.

Menurut Audy, masih banyak warga Timbo Abu Ateh yang tinggal di tenda-tenda. Tentunya, menyambut hari raya Idul Fitri 1443H nanti, warga yang masih bermukim di tenda, sudah bisa tinggal di Huntara.

"Bagi teman-teman kita yang tidak ikut, akan kita berikan dokumentasi fotonya. Untuk yang ikut, sudah bisa melihat langsung bagaimana contoh Huntara yang akan dibangun. Nanti kami akan bantuan cari pendanaannya. Masyarakat diharapkan ikut membantu gotong-royong mengerjakannya," harap Audy.

Pada intinya, ungkap Audy, Safari Ramadhan Pemprov Sumatera Barat di Pasaman Barat untuk menjalin silaturahmi dengan masyarakat. "Karena, silaturahmi sangat penting terutama membangun kebersamaan, hubungan emosional dan bentuk kepedulian pada masyarakat di Kabupaten Pasaman," ungkap Audy.

Di kesempatan itu, Audy juga menyerahkan bantuan dana pembangunan Masjid Raya Baiturrahman, Jorong Padang Tujuh dalam bentuk hibah sebesar Rp50 juta. Ia berharap, bantuan yang diberikan menjadi berkah dan membantu meringankan pembangunan masjid yang akan menjadi pusat kegiatan keagamaan masyarakat di Jorong Padang Tujuh itu.

Sementara itu, Hamsuardi dalam sambutannya mengucapkan syukur atas kunjungan tim safari Ramadhan Provinsi Sumatera Barat. Ia berterimakasih atas perhatian Wagub Sumbar itu, terutama disaat Pasbar menghadapi bencana gempa.

Hal serupa disampaikan Risnawanto saat mendampingi Wagub meninjau secara langsung kondisi masyarakat Timbo Abu Ateh pascagempa yang melanda Pasbar.

"Kami atas nama Pemkab Pasbar mengucapkan terimakasih kepada Pak Wagub, yang sudah berkali-kali datang ke Pasbar khususnya saat kita menghadapi masa gempa bumi ini."

"Pak Wagub, hari ini juga membawa serta beberapa kepala OPD yang mudah-mudahan memberi perhatian lebih kepada Pasbar. Semoga bantuan yang diberikan berkah dan bermanfaat bagi masyarakat Pasbar," kata Risnawanto. (pl1)

Install aplikasi Valora News app di Google Play

Komentar