Pos Indonesia Distribusikan Bantuan STB dari Kemkominfo ke Warga Padang Panjang

Al Imran | Rabu, 06-04-2022 | 15:10 WIB | 82 klik | Kota Padang Panjang
<p>Pos Indonesia Distribusikan Bantuan STB dari Kemkominfo ke Warga Padang Panjang<p>

Petugas Pos Padang Panjang, meng-install Set Top Box (STB) gratis bagi warga kurang mampu Kelurahan Tanah Pak Lambik, Kecamatan Padang Panjang Timur, Selasa. (kominfo)

PADANG PANJANG (5/4/2022) - Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemkominfo) bekerjasama dengan Trans Media menyalurkan Set Top Box (STB) gratis bagi warga kurang mampu Kelurahan Tanah Pak Lambik, Kecamatan Padang Panjang Timur, Selasa.

Bantuan STB ini, dalam rangka mendukung program pemerintah tentang penghentian siaran televisi analog (analog switch off/ASO) atau migrasi dari siaran televisi analog ke siaran televisi digital.

"Pendistribusian STB untuk masyarakat kurang mampu ini, dibagikan secara door to door oleh PT Pos Indonesia," ungkap Supervisor Operasi Kantor Pos Cabang Padang Panjang, Dody Kurniawan disela penyaluran bantuan STB.


Mengenai lingkup kerja dari pendistribusian STB ini, ungkap Dody, meliputi verifikasi data penerima, verifikasi kepemilikan TV analog, penyerahan STB dan instalasi STB.

Ditambahkannya, dengan bantuan STB gratis itu, masyarakat yang memiliki TV analog, tidak perlu mengganti memasang televisi baru. Cukup piranti saja, agar masyarakat tetap menikmati siaran TV digital.

"Penyediaan STB sebagai upaya mendukung migrasi dari TV analog digital, akan berlangsung secara bertahap. Terhitung dari April sampai November 2022 mendatang," jelasnya.

Untuk Kota Padang Panjang, tambahnya, ada 248 masyarakat kurang mampu yang terbagi di empat kelurahan, sebagai penerima bantuan STB ini.

Yaitu 60 RTM di Kelurahan Ngalau, 92 RTM di Kelurahan Koto Panjang, 67 RTM di Kelurahan Sigando serta 29 RTM di Kelurahan Koto Katik.

"Penyalurannya akan kita salurkan secara bertahap," imbuhnya.

Salah satu warga penerima STB di RT 3 TPL, Fuji Yastuti (50) merasa senang karena dapat menyaksikan siaran televisi dengan kualitas yang jauh lebih baik.

"Saya tidak mengira dapat alat ini. Selama ini, hanya bisa nonton satu stasiun TV saja. Itupun banyak semutnya. Sekarang sudah terang (jernih)," kata Fuji.

Tak lupa, Fuji mengucapkan terima kasih atas penyaluran bantuan STB tersebut. "Terima kasih kepada Kementerian Kominfo dan PT Pos. Sekarang, kami bisa nonton TV dengan nyaman. Sekarang tayangan TV jernih, tidak ada bintik-bintik lagi," ucapnya.

Program STB Gratis untuk Rumah Tangga Miskin (RTM) merupakan program dari pemerintah melalui Kemkominfo. Pos Indonesia dipercaya sebagai pihak yang mendistribusikan bantuan STB gratis kepada RTM.

STB adalah perangkat yang berfungsi untuk mengubah sinyal yang diterima dari satelit, kabel ataupun internet, ke dalam format analog agar siaran TV digital dapat ditampilkan ke layar TV analog. Rumah tangga miskin akan menerima STB TV digital gratis mulai 15 Maret hingga 30 April 2022. (ham)

Install aplikasi Valora News app di Google Play

Komentar

Berita Kota Padang Panjang