LIPIA Buka Cabang di Padang, Prof Ganefri: Kampusnya di UNP

Al Imran | Rabu, 06-04-2022 | 16:05 WIB | 145 klik | Provinsi Sumatera Barat
<p>LIPIA Buka Cabang di Padang, Prof Ganefri: Kampusnya di UNP<p>

Gubernur Sumatera Barat, Mahyeldi memberikan tausyiah Ramadhan pada kegiatan Safari Ramadhan Pemprov Sumbar di Masjid Raya Al Azhar Kompleks Universitas Negeri Padang (UNP), Selasa malam. (humas)

PADANG (5/4/2022) - Rektor UNP, Prof Ganefri menyebutkan, dalam waktu dekat akan dibuka cabang Lembaga Ilmu Pengetahuan Islam dan Arab (LIPIA) di Sumbar, yang berada di Kampus UNP.

"UNP terus berupaya menyemarakkan syiar Islam di Ranah Minang. Semua ini berkat dorongan dan dukungan gubernur," ungkap Prof Ganefri saat memberikan sambutan pada kegiatan Safari Ramadhan Pemprov Sumbar di Masjid Raya Al Azhar Kompleks Universitas Negeri Padang (UNP), Selasa malam.

Beberapa kegiatan keagamaan selama Ramadhan, lanjut Prof Ganefri, juga dilakukan di Masjid Al Azhar. Di antaranya, tarawih, subuh mubarakah, tahfiz Quran setiap ba'da Shalat Ashar, berbuka gratis, pesantren Ramadhan, Nuzul Quran, iktikaf dan Shalat Id.


Diketahui, pada malam ke-4 Ramadhan 1443 H, Tim Safari Ramadhan Pemprov Sumbar yang dipimpin Gubernur Sumatera Barat, Mahyeldi menjambangi Masjid Raya Al-Azhar.

Di masjid kebanggan UNP ini, Mahyeldi menyampaikan tausiyah usai Shalat Isya berjamaah. Dalam tausiyahnya, dia mengajak jamaah yang memadati masjid tersebut, untuk betul-betul memanfaatkan kehadiran Ramadhan untuk mendapatkan derajat sebagai orang yang bertaqwa (muttaqin).

"Jika kita betul-betul ingin mendapatkan gelar taqwa, maka ikutilah jalan dan sunnah nabi serta orang-orang sholeh dalam berpuasa dan beramal dalam bulan Ramadhan. Semakin keujung maka semakin meningkat ibadahnya, baca Qur'an nya, zikirnya, sedekahnya, bahkan i'tikaf di 10 malam terakhir," terang dia.

Usai tausiyah, Mahyeldi menyerahkan bantuan hibah dari Pemprov Sumbar pada pengurus Masjid Raya Al Azhar sebesar Rp50 juta. Kemudian, bantuan dari Bank Nagari dan PT Semen Padang, masing-masing Rp10 juta plus bantuan mushaf al Quran dari Kanwil Kemenag Sumbar.

"Semoga bantuan ini, bisa dimanfaatkan sebaik mungkin untuk menambah semangat syiar Islam di UNP," harap Mahyeldi.

Turut hadir dalam Safari Ramadhan ini, Kakanwil Kemenag Sumbar, Helmi, Dirut Bank Nagari, M Irsyad, Dirut PT Semen Padang, Asri Mukhtar, Ketua LKAAM Sumbar, Fauzi Bahar.

Sejumlah Kepala OPD juga tampak hadir di antaranya Asisten 3, Andri Yulika, Kepala Bappeda, Medi Iswandi, Kepala Dinas PMD, Amasrul dan Kepala Biro Kesra, Irsyad. (kyo)

Install aplikasi Valora News app di Google Play

Komentar

Berita Kabar Daerah