TSR Pemko ke Masjid Jamik Tarok

Bukittinggi Berlakukan Tambahan Muatan Lokal Mulai Juli, Erman: Tenaga Pendidik akan Ditambah

Al Imran | Rabu, 06-04-2022 | 21:55 WIB | 529 klik | Kota Bukittinggi
<p>Bukittinggi Berlakukan Tambahan Muatan Lokal Mulai Juli, Erman: Tenaga Pendidik akan Ditambah<p>

Wako Bukittinggi, Erman Safar secara simbolis menyerahkan dana hibah pada kunjungan Safari Ramadhan Pemko Bukittinggi di Masjid Jamik Tarok, Rabu malam. (hamriadi)

BUKITTINGGI (6/4/2022) - Wali Kota Bukittinggi, Erman Safar berharap pengurus masjid Jamik Tarok Dipo Bukittinggi, merancang program yang bisa mengajak masyarakat masuk ke masjid untuk beribadah.

"Jangan masuk masjid pada saat hari Jumat saja atau pada saat melangsungkan pernikahan. Buat lah program yang dapat 'memaksa' masyarakat datang beribadah ke masjid," ucap Erman saat memberikan sambutan dalam kunjungan Safari Ramadhan Pemko Bukittinggi di Masjid Jamik Tarok, Rabu malam.

Dikatakan Erman, program Pemko Bukittinggi tidak banyak di pembangunan bersifat fisik, baik itu di tahun anggaran 2022 dan tahun anggaran 2023.


"Pemerintah lebih memilih membangun masyarakat, yaitu menambah jam pelajaran dua jam di sekolah seperti pelajaran fikih, Budaya Alam Minangkabau, Sejarah Islam, yang Insya Allah dimulai pada Juli 2022," ucapnya.

Dikatakan, tujuan penambahan jam pelajaran, guna meningkatkan ketakwaan dan keimanan bagi generasi muda nantinya.

"Pemko Bukittinggi pada Juli 2022 akan menambah tenaga pendidik, yang dapat mendukung muatan pembelajaran dua jam di sekolah seperti pelajaran fikih, Budaya Alam Minangkabau dan Sejarah Islam," paparnya.

"Alhamdulillah, melalui program Pemko Bukittinggi, anak tak lagi membayar uang komite sekolah karena pemerintah telah mengalokasikan di APBD termasuk tingkat SMA sederajat. Hendaknya pembangunan itu dibebankan ke pemerintahan bukan ke orangtua murid," ucapnya.

Tim Safari Ramadhan (TSR) Pemko Bukittinggi 1443 H dipimpin langsung Erman Safar, dalam kunjungan kedua mengunjungi Masjid Jamik Tarok Dipo.

TSR di bulan ramadhan di malam ke-enam yang memasuki puasa ke-lima, rombongan ikuti Shalat Isya dan Tarawih berjamaah serta bersilaturahmi dengan pengurus mesjid.

Pengurus Masjid Jamik Tarok, Irman mengucapkan terima kasih kepada pemerintahan dan DPRD yang telah menganggarkan dana Rp5 miliar dari APBD 2022 untuk pembangunan masjid.

"Pembangunan Masjid direncanakan empat lantai. Lantai dasar untuk basement, yang dapat menampung puluhan parkir kendaraan. Pembangunan dilakukan bertahap, yang mana pada tahap pertama dilakukan pembangunan struktur terlebih dulu," ucapnya.

Menurut rencana, pembangunan masjid sampai selesai akan menghabiskan dana sekitar Rp35 miliar lebih.

Kedepan untuk mencapai target pembangunan pengurus akan membuat program minta sumbangan di jalan, penyebaran kupon-kupon serta minta kepada Wakil Presiden (Wapres) dan mengajukan proposal.

Sehingga, dengan demikian, semangat bersama pembangunan masjid bisa terealisasi nantinya. (ham)

Install aplikasi Valora News app di Google Play

Komentar