Pabukoan Berbahan Labu Disajikan Warga ke TSR II, Wabup: Pertahankan Tradisi Ini

Al Imran | Sabtu, 09-04-2022 | 14:11 WIB | 460 klik | Kab. Agam
<p>Pabukoan Berbahan Labu Disajikan Warga ke TSR II, Wabup: Pertahankan Tradisi Ini<p>

Wakil Bupati Agam, Irwan Fikri mencicipi pabukoan berbahan dasar labu yang disajikan masyarakat Bukik Siriah, Nagari Matua Hilia, Kecamatan Matur saat menjamu Tim Safari Ramadan (TSR) II di Masjid Nurul Yaqin, Jumat. (humas)

AGAM (8/4/2022) - Menu pabukoan berbahan dasar labu, disajikan masyarakat Bukik Siriah, Nagari Matua Hilia, Kecamatan Matur saat menjamu Tim Safari Ramadan (TSR) II yang dipimpin Wakil Bupati Agam, Irwan Fikri di Masjid Nurul Yaqin, Jumat.

Menu pabukoan labu ini, memang jadi hidangan khas bagi masyarakat itu ketika saat ada acara "alek" ataupun ada kunjungan dari pemerintah.

"Labu menjadi menu khas bagi kita. Belum ke Matur kalau tidak makan labu," ujar Murni (52).


Menu labu yang dihidangkan masyarakat di antaranya Kolak Labu, Kue Labu, Lapek Labu, Rujak Labu dan menu lainnya terbuat dari labu. Selain itu, dalam hidangan tersebut juga diselingi dengan menu seperti buah-buahan.

Menu pabukoan yang dihidangkan ini, dibawa masyarakat dari rumah masing-masing.

Dijamu secara istimewa, Irwan Fikri mengungkapkan apresiasinya atas kekompakan masyarakat Matur dalam menyambut kedatangan tamu.

"Alhamdulillah, terimakasih atas sambutan dan hidangan yang diberikan kepada kami. Menu labu, menunjukkan ciri khas dari Matur itu sendiri. Pertahankan tradisi seperti ini," harap Irwan.

Usai berbuka bersama, rombongan bersama masyarakat melaksanakan Shalat Magrib berjemaah. Dilanjutkan Salat Isya dan tarawih berjamaah. (kyo)

Install aplikasi Valora News app di Google Play

Komentar