Gernas BBI Sumatera Barat Diluncurkan di Bukittinggi: UMKM Jangan Sampai Terpapar Stunting, Ini Kiat dari Wapres untuk Mengatasinya

Selasa, 12 April 2022, 18:05 WIB | Bisnis | Nasional
Gernas BBI Sumatera Barat Diluncurkan di Bukittinggi: UMKM Jangan Sampai Terpapar...
Tangkapan layar peluncuran Gerakan Nasional Bangga Buatan Indonesia (Gernas BBI) Sumatera Barat yang digelar di Bukittinggi, Selasa sore.

BUKITTINGGI (12/4/2022) - Wakil Presiden RI, KH Ma'ruf Amin mengapresiasi dukungan program pinjaman tanpa bunga dalam memajukan usaha mikro, kecil dan menengah (UMKM).

Selain itu, Wapres juga mengapresiasi Pemprov Sumbar yang terus fokus pengembangan ekonomi syariah, yang mesti dijalankan sesuai dengan tuntutan syariat dan tuntunan ulama.

Hal itu dikatakan Wapres KH Ma'ruf Amin pada peluncuran Gerakan Nasional Bangga Buatan Indonesia (Gernas BBI) Sumatera Barat yang digelar di Bukittinggi, Selasa sore. Gernas BBI ini digelar secara Daring dan Luring dari pelataran Jam Gadang, Bukittinggi.

"Kita berharap, UMKM kita tidak terkena penyakit stunting. Kerdil terus. Memajukan UMKM ini, kita harus memulainya dari diri kita sendiri dan mulainya dari sekarang," tegas KH Ma'ruf Amin.

Baca juga: UMKM dan Pariwisata jadi Pilar Target Pertumbuhan Ekonomi di Atas 5 Persen

Disebutkan, ekspor UMKM Indonesia, saat ini sekitar 15 persen dari total ekspor nasional. Angka ini masih tertinggal dari Singapura yang mencapai angka 41 persen dan Cina 60 persen.

"Saat ini, adalah era dimana teknologi jadi bahan bakar kesejateraan. Pascapandemi Covid19 melanda, kekuatan teknologi semakin tampak men-disrupsi hampir seluruh aspek kehidupan kita," ungkap Wapres.

Teknologi digital, terangnya, telah begitu berpengaruh termasuk dalam merumuskan taktik mempromosikan produk UMKM.

"Kita tidak punya pilihan selain terus meningkatkan kekuatan dan literasi digital bangsa kita. Berbagai tantangan digitalisasi harus kita jawab dengan aksi," tegasnya.

Baca juga: Pertumbuhan Ekonomi Bertambah 1,7 Persen, Gernas BBI Dorong 2 Juta Lapangan Kerja Baru

"Saya mengapresiasi terobosan pemimpin daerah untuk memacu pertumbuhan ekonomi digital di daerahnya, termasuk di Sumatera Barat," tambah Wapres KH Ma'ruf Amin.

Halaman:

Penulis:
Editor:
Sumber:

Bagikan: