Jamuan Berbuka Bersama Warga Tak Terpenuhi

Jalan Tembus ke Madina Tersisa 25 Km dari Kecamatan Gunung Tuleh, Ini Tanggapan Gubernur Sumbar

Al Imran | Sabtu, 16-04-2022 | 15:00 WIB | 578 klik | Kab. Pasaman Barat
<p>Jalan Tembus ke Madina Tersisa 25 Km dari Kecamatan Gunung Tuleh, Ini Tanggapan Gubernur Sumbar<p>

Gubernur Sumbar, Mahyeldi memberikan sambutan pada kegiatan safari ramadhan di Masjid Taqwa Muhammadiyah Kampung Pinang, Nagari Rabi Jonggor, Kecamatan Gunung Tuleh, Jumat malam. (robbi irwan)

PASAMAN BARAT (15/4/2022) - Gubernur Sumbar, Mahyeldi menilai, Danau Laut Tinggal, merupakan potensi wisata yang perlu terus digali seiring keinginan masyarakat untuk dibukanya akses jalan ke Madina di Provinsi Sumatera Utara dari Nagari Rabi Jonggor.

Panjang ruas jalan yang akan dibuka itu sekitar 25 Km melewati Danau Laut Tinggal. Jika jalan tersebut terbuka, diyakini ekonomi masyarakat akan meningkat. Implikasinya, Nagari Rabi Jonggor akan ikut terkerek maju.

"Ini sangat baik sekali. Jika akses ini dibuka, maka Pasaman Barat akan jadi perlintasan yang ramai dari utara menuju ke Padang," ujar Mahyeldi, saat menyampaikan sambutannya dalam Safari Ramadhan di Masjid Taqwa Muhammadiyah Kampung Pinang, Nagari Rabi Jonggor, Kecamatan Gunung Tuleh, Jumat malam.


Dikesempatan itu, Mahyeldi menilai, Pasbar merupakan wilayah yang kaya. Untuk memanfaatkan itu semua, diperlukan Sumber Daya Manusia (SDM) untuk mengolah dan mengelola. Diperlukan masyarakat itu sendiri yang diharapkan bisa mengolahnya.

"Pendidikan salah satu upaya untuk meningkatkan SDM itu dan bisa mengolah potensi yang ada. Kita berharap pemerintah daerah juga mendorong investor untuk datang ke bumi mekar Tuah Basamo ini," ujar Mahyeldi.

Mahyeldi beserta rombongan melakukan Safari Ramadhan ke Masjid Taqwa Muhammadiyah Kampung Pinang, Nagari Rabi Jonggor, Kecamatan Gunung Tuleh.

Kunjungan Tim Safari Ramadan (TSR) Provinsi Sumbar ini, didampingi Bupati Pasbar, Hamsuardi dan Wakil Bupati Risnawanto, dan juga didampingi oleh kepala OPD Provinsi Sumbar dan OPD Kabupaten Pasbar, Ketua TP PKK Pasbar, Titi Hamsuardi dan stakeholder terkait lainnya.

Menurut Mahyeldi, karena semua potensi itu ada di Pasbar, seperti Jagung, sawit, dan perlukan SDM andal untuk mengelolanya dan investor yang bisa menyejahterakan petani di Pasbar.

Kunjungan orang nomor 1 di Sumbar itu di sambut antusias oleh masyarakat setempat. Peluang yang ada tidak disia-siakan oleh masyarakat untuk menyampaikan informasi dan permintaan kepada gubernur.

Ada beberapa permintaan yang disampaikan oleh masyarakat, di antara permintaan untuk memperbaiki atap Masjid Taqwa Muhammadiyah, karena atap masjid tersebut sudah rusak.

Pasangan Mesra

Mahyeldi juga mengapresiasi bahwa kedatangannya bersama rombongan juga disambut oleh pasangan mesra Bupati Hamsuardi dan Wakil Risnawanto.

Karena itulah, Mahyeldi menilai bahwa masyarakat Pasbar menghormati pemimpinnya.

"Yang membuat saya bangga, ternyata saya ditunggu oleh Bapak Bupati Hamsuardi dan Wakil Bupati Risnawanto. Memang kedatangan saya benar-benar di tunggu," katanya.

Dikesempatan itu, Mahyeldi juga menyebutkan bantuan pemerintah Provinsi Sumbar untuk Pasbar tahun ini total Rp75,4 miliar terdiri dari Bidang Pendidikan Rp2,5 miliar, Bidang Kesehatan Rp7,36 miliar, Kehutanan Rp4,8 miliar, Peternakan Rp20 miliar.

Kemuduan, Bidang Perumahan Pemukiman dan Pertanahan Rp18 miliar, bidang Sungai wilayah Rp12,5 miliar, Perkebunan Rp5,3 miliar, Baznas Provinsi Rp150 juta untuk korban gempa.

Sementara itu, dalam kesempatan itu Kanwil Kemenag juga memberikan bantuan untuk masjid, sebanyak satu dus Al-Qur'an, dari dinas Bina Marga cipta karya satu dus Al-Qur'an, Bank Nagari Rp10 juta dan bantuan hibah dari Provinsi Sumbar Rp50 juta.

Sementara itu, Hamsuardi mengapresiasi Mahyeldi yang sering kali datang ke Pasbar. Ini merupakan bentuk perhatian kepada masyarakatnya. Bentuk perhatian gubernur itu juga akan berefek besar bagi pembangunan di Pasbar.

"Kedatangan Gubernur bersama rombongan sudah ditunggu masyarakat dari sore. Karena padatnya jadwal beliau, maka buka bersama dengan masyarakat tidak terwujud. Walaupun begitu kedatangan gubernur ke masyarakat Kampung Pinang Nagari Rabi Jonggor ini saja sudah mengobati rindu masyarakat kepada pemimpinnya," ujar Hamsuardi.

Berdasarkan permintaan masyarakat itu, lanjut Hamsuardi, dia juga berharap bahwa gubernur memperhatikan masyarakat Pasbar pada umumnya. Terutama untuk melakukan pembangunan infrastruktur.

Pengurus Masjid taqwa, Ilmi Nasution menjelaskan bahwa masyarakat bersyukur atas kunjungan rombongan TSR Gubernur dan Bupati Hamsuardi, Wakil Bupati Risnawanto dan rombongan. (pl1)

Install aplikasi Valora News app di Google Play

Komentar