Jemari Sakato Gelar Lokakarya Kemitraan Praktek Baik Respon Tanggap Darurat dan Kebijakan Pemerintah

Minggu, 17 April 2022, 13:34 WIB | Kabar Daerah | Kab. Pasaman Barat
Jemari Sakato Gelar Lokakarya Kemitraan Praktek Baik Respon Tanggap Darurat dan Kebijakan...
Pimpinan Jemari Sakato, Fikon Dt Sati menyerahkan plakat pada Kepala Bappeda Pasaman Barat, oleh Herlina Syahputri usai pembukaan lokakarta praktek baik respon tanggap darurat dan kebijakan pemerintah daerah di Pasaman Barat, Kamis.

PASAMAN BARAT (16/4/2022) - Kepala Bappeda Pasaman Barat, oleh Herlina Syahputri mengatakan, kesiapan untuk menghadapi bencana, perlu secara terus menerus dipersiapkan.

"Upaya mitigasi bencana yang kita lakukan belum optimal, sehingga kegiatan peningkatan kapasitas dan upaya mitigasi bencana sangat dibutuhkan," ulas Herlina saat memberikan sambutan pada Lokakarya Bersama yang digelar Kamis (14/4/2022).

Lokakarya bersama dalam rangka mempromosikan praktek baik respon tanggap darurat dan kebijakan pemerintah daerah terkait upaya pemulihan dampak bencana gempa bumi di Pasaman Barat. Digelar di aula Hotel Guchi Simpang Empat, Pasaman Barat.

"Ucapan terima kasih kepada JEMARI Sakato dan Save the Children sebagai NGO yang tetap bertahan dengan masyarakat Pasaman Barat sampai saat ini," ungkap Herlina mengapresiasi kegiatan yang diinisiasi Jemari Sakato dan Save the Children itu.

Baca juga: Nevi Zuairina Serahkan Buku Tabungan BSPS pada Korban Gempa Pasbar

Setelah pembukaan dilakukannya Penyerahan Dignity Kit secara simbolis dari Kimberly Clarck Softex melalui save the children dan JEMARI Sakato kepada pemerintah Kabupaten Pasaman Barat.

Kegiatan kemudian dilanjutkan dengan diskusi interaktif dari semua stakeholders yang ada di Kabupaten Pasaman Barat di antaranya; Dinas Sosial, Disdikbud, Dis Perkim, Kader Posyandu, Diskominfo, DPMN, PCNU, KNPI, Bamus, Kemenag, DPPKBP3A, BPBD Pasbar, PUPR, MRPB Peduli, PMI, Camat, Korwil, Wali Nagari, DLH, YAPPAS dan beberapa Media.

Dalam kegiatan ini yang menjadi fasilitator adalah Budi Febriandi salah seorang staf dosen di Politani Payakumbuh dan Wahyu Sebagai peneliti di JEMARI Sakato.

Selama kegiatan selain fasilitator, stakeholder yang terlibat juga memberikan tanggapan dan apresiasi kepada JEMARI Sakato yang telah bekerja dalam upaya menangani pengurangan resiko dampak dari bencana selama masa transisi.

Baca juga: BRI Cairkan Sisa Saldo di 28 Rekening Penerima Bantuan Gempa Pasaman Barat

"Dengan adanya program JEMARI Sakato masa transisi pemulihan dan untuk pengurangan resiko bencana sudah sangat membantu sekali, harapan kami JEMARI Sakato jangan menghilang sampai Pasaman Barat benar-benar pulih," kata Ernita kepala sekolah SDN 09 Talamau.

Halaman:

Penulis:
Editor: Devan Alvaro
Sumber:

Bagikan: