Audy Joinaldy Puji Konsep Pariaman Waterfront City ala Genius Umar

Al Imran | Rabu, 20-04-2022 | 19:39 WIB | 69 klik | Kota Pariaman
<p>Audy Joinaldy Puji Konsep Pariaman Waterfront City ala Genius Umar<p>

Wakil Gubernur Sumbar, Audy Joinaldy memberikan sambutan saat memimpin Tim Safari Ramadan (TSR) Pemprov Sumbar di Masjid Rahmad, Desa Sungai Rambai, Kota Pariaman, Selasa malam. (humas)

PARIAMAN (20/4/2022) - Wakil Gubernur Sumbar, Audy Joinaldy mengatakan, pariwisata Pariaman bisa berkembang pesat dan sangat menjual. Hal itu sejalan dengan gencarnya program pemerintah di sektor pariwisata saat ini.

"Pariaman bisa sangat menjual, pemetaan pantainya keren dan rapi, memang sangat cocok untuk tempat wisata," puji Audy saat memimpin Tim Safari Ramadan (TSR) Pemprov Sumbar di Masjid Rahmad, Desa Sungai Rambai, Kota Pariaman, Selasa malam.

Dikatakan, una mendukung program pariwisata, meski hanya terdiri dari empat kecamatan, hingga saat ini Pariaman sudah memiliki 10 desa wisata yang terus berkembang. Desa Apar, bahkan telah meraih juara ketiga ADWI untuk kategori desa digital pada 2021 lalu.


"Saya yakin, pariwisata Pariaman dapat berkembang pesat. Meski hanya empat kecamatan, desa wisata nya cukup banyak dan dikelola dengan baik. Apalagi lokasinya dekat dari Padang, juga didukung transportasi kereta," kata Audy optimistis.

Audy juga memberikan apresiasi atas langkah Pemerintah Kota Pariaman dalam mendongkrak aksesibilitas pariwisata, sekaligus menyambut pulang kampungnya warga perantau pada lebaran mendatang.

Sebelumnya, Wali Kota Pariaman, Genius Umar mengatakan, kota yang dipimpinnya itu mendukung penuh program pengembangan pariwisata Pemprov Sumbar. Dengan membuka 15 ruas jalan baru sepanjang 30 km di sepanjang garis pantai, ia menargetkan untuk menjadikan seluruh Pariaman menjadi kawasan wisata berkonsep waterfront city.

"Dengan bantuan APBN, APBD juga CSR BUMN, kita membangun kota ini sesuai potensinya. Potensi kita adalah air, jadi kita bangun dengan konsep waterfront city, sehingga pariwisatanya juga bisa berkembang," ungkap Genius.

Menariknya lagi, ia mengatakan pembangunan 15 ruas jalan sepanjang 30 km yang dilakukan jelang kedatangan pemudik itu, dilakukan Pemko Pariaman hanya dengan gotong-royong dan secara non-budget.

"Sudah enam bulan ini, semua ruas jalan kita bangun non-budgeter, tidak ada anggaran. Semua dengan pola gotong royong di pinggir sungai, mulai dari Batang Mangor, Sunur hingga Kurai Taji. Kemudian, dari Mangguang sampai ke Nareh dan beberapa sungai lain juga," urai dia.

Pada Safari Ramadannya yang ke-14 itu, Audy kembali menyerahkan bantuan dari Baznas. Bantuan hibah senilai Rp50 juta rupiah, ia serahkan untuk pembangunan Masjid Rahmad yang berlokasi di Desa Sungai Rambai, kecamatan Pariaman Utara itu. (kyo)

Install aplikasi Valora News app di Google Play

Komentar