Solok Selajatan jadi Pilot Project Kementrian Pertanian, Audy: Bukti Pemkab Solsel Bergerak

Jumat, 22 April 2022, 16:42 WIB | Kabar Daerah | Kab. Solok Selatan
Solok Selajatan jadi Pilot Project Kementrian Pertanian, Audy: Bukti Pemkab Solsel...
Wagub Sumbar, Audy Joinaldy menyerahkan bantuan uang senilai Rp20 juta untuk pembangunan Mushola Al Furqan, Nagari Pakan Rabaa Selatan, pada kegiatan Safari Ramadhan Pemprov Sumbar, Kamis malam. (humas)

SOLOK SELATAN (21/4/2022) - Wakil Gubernur Sumbar, Audy Joinaldy menegaskan, pemerintahan provinsi sejatinya tidak mempunyai wilayah. Jadi, program dan kegiatan yang disusun Pemprov, pasti disalurkan ke kabupaten dan kota.

"Sekarang, kita punya anggaran yang cukup besar untuk program di bidang pertanian. Oleh karena itu pemerintah di tingkat kabupaten dan kota harus kreatif, inovatif dalam mengakses dana bantuan dari program-program itu, termasuk juga dari pemerintah pusat," ungkap Audy di Solok Selatan, Kamis malam.

Pernyataan itu disampaikan Audy pada Safari Ramadhan di Mushola Al Furqan, Nagari Pakan Rabaa Selatan, Kecamatan Koto Parik Gadang di Ateh. Ikut hadir mendampingi, Wakil Bupati Solok Selatan, Yulian Evi.

Mendorong pemanfaatan program pemerintah provinsi dan pusat, dia mengapresiasi upaya yang dilakukan Pemkab Solok Selatan dalam mencari dana di luar APBD kabupaten.

Baca juga: Kakanwil Kemenkum HAM Sumbar Silaturahmi dengan Gubernur dan Wagub, Ini Harapan Mahyeldi

"Tadi, kita dengan Pak Wakil Bupati berkunjung ke salah satu sentra sapi Solok Selatan yang menjadi pilot project Kementrian Pertanian Di Program Seribu Sapi (Desa Korporasi Sapi). Itu kan bukti, pemerintah Solsel bergerak mencari dana di luar APBD kabupaten sendiri," kata Audy.

Di samping itu, Audy juga menyampaikan program-program bantuan pertanian lainnya yang siap disalurkan ke pemerintah di tingkat kabupaten maupun kota, seperti di bidang perikanan, peternakan, kehutanan sosial hingga pelatihan kewirausahaan, dan pembinaan desa wisata.

Terutama di Solok Selatan, dia meyakini sebagai kabupaten termuda yang baru berusia 18 tahun, Solsel masih memiliki banyak sekali potensi-potensi besar di berbagai sektor yang bisa digali dan dibangun.

"Tinggal bagaimana pemerintah setempat mengajukan ke Pemprov, untuk dapat membantu kelompok-kelompok tani dan ternak yang ada di kabupaten kota, termasuk juga untuk kewirausahaan dan infrastruktur," lanjut dia.

Baca juga: Pengembangan Pariwisata Berbasis Masyarakat ala Pemprov Sumbar Patut Dikembangkan

Bersamaan dengan itu, Yulian Evi menyampaikan terimakasih atas bantuan dari program pertanian, maupun infrastruktur yang disalurkan pemerintah provinsi.

Halaman:

Penulis:
Editor:
Sumber:

Bagikan: