Jemari Sakato Fasilitasi Lokakarya PRB, Nefri: Wujudkan Daerah Tangguh Bencana

Minggu, 24 April 2022, 15:22 WIB | Kabar Daerah | Kab. Pasaman Barat
Jemari Sakato Fasilitasi Lokakarya PRB, Nefri: Wujudkan Daerah Tangguh Bencana
Kepala BPBD Pasaman Barat, Nefri dan fasilitator dan peserta Lokakarya Pengurangan Resiko Bencana (PRB) foto bersama usai pelatihan, Rabu.

PASAMAN BARAT (22/4/2022) - Kepala BPBD Pasaman Barat, Nefri menilai, Lokakarya Pengurangan Resiko Bencana (PRB) yang digelar Jemari Sakato, sangat berarti sekali bagi masyarakat dan pemerintah.

"Kehadiran JEMARI Sakato dapat memberikan arahan untuk pemerintah daerah dan masyarakat, membentuk dan menghasilkan Kajian Risiko Bencana (KRB)," ungkap Nefri saat membuka lokakarya Kemitraan PRB Pemerintah Nagari se-Pasaman Barat, Rabu (20/4/2022).

Lokakarya ini berangkat dari fenomena gempa bumi akhir Pebruari 2022 lalu yang menimbulkan isu-isu di dalam masyarakat selain kerugian secara fisik dan materil.

Pada kondisi ini, perlunya penguatan masyarakat dalam menghadapi potensi bencana berbasis nagari. Gagasan ini muncul karena daerah Pasaman Barat merupakan daerah yang banyak memiliki potensi bencana, di antaranya banjir, gempa bumi, tanah longsor dan lain-lain.

Baca juga: Nevi Zuairina Serahkan Buku Tabungan BSPS pada Korban Gempa Pasbar

"Lokakarya ini membahas bagaimana langkah-langkah yang harus dilakukan untuk mewujudkan daerah tangguh bencana," ungkap dia.

Lokakarya ini sebagai upaya Penguatan Masyarakat Pasaman Barat Tangguh Bencana. Kegiatan lokakarya yang berlangsung selama 2 hari diikuti lebih kurang 20 orang peserta yang berasal dari berbagai elemen.

Di antaranya; Disdikbud, DPMN, PMI, KSB, BPBD, Diskominfo, Wali nagari, Camat, MPRB Peduli, DPPKBP3A, STIE YAPPAS, dan beberapa media.

Proses lokakarya ini sendiri difasilitatori oleh seseorang yang berkompeten dan berpengalaman yaitu Budi Febriandi, salah seorang Aktivis JEMARI Sakato dan merupakan staf ahli di Politeknik Pertanian Negeri Payakumbuh (PPNP).

Baca juga: BRI Cairkan Sisa Saldo di 28 Rekening Penerima Bantuan Gempa Pasaman Barat

Kemudian, Ahmad Maulana Anshori salah seorang peneliti di Jemari Sakato dan juga seorang dosen di UIN Suska Riau dan juga aktivis di JEMARI Sakato.

Halaman:

Penulis:
Editor: Devan Alvaro
Sumber:

Bagikan: