Erman Safar Serahkan Insentif RT, RW dan LPM Sepekan Jelang Lebaran

Al Imran | Senin, 25-04-2022 | 12:55 WIB | 444 klik | Kota Bukittinggi
<p>Erman Safar Serahkan Insentif RT, RW dan LPM Sepekan Jelang Lebaran<p>

Wali Kota Bukittinggi, Erman Safar memberikan sambutannya saat penyerahan dana operasional RT, RW dan LPM di balai kota, Senin.

BUKITTINGGI (25/4/2022) - Pemerintah Kota Bukittinggi serahkan insentif RT, RW dan LPM di Rumah Dinas Wali Kota Bukittinggi Belakang Balok, Senin.

Wali Kota Bukittinggi, Erman Safar dalam sambutannya mengatakan, RT, RW dan LPM sebagai perpanjangan tangan pemerintah, wajib diberikan informasi yang paling pertama di antara masyarakat yang lain, untuk menyampaikan apa saja program yang ada di pemerintahan di tahun anggaran berjalan.

Hal itu karena, kalau tidak RT dan RW yang menginformasikan kegiatan pemerintahan utama sekali informasi disampaikan, di tengah masyarakat ada yang memperoleh informasi dari orang-orang yang tidak diberikan informasi, sehingga program-program pemerintahan aneh-aneh saja yang disampaikan oleh yang diterima oleh masyarakat


Akhirnya masyarakat tidak kondusif lalu terganggu kesejahteraan dan aktivitas tujuan informasi. Jadi RT dan RW yaitu meluruskan yang bengkok bengkok dari informasi yang jelas," paparnya

Erman menyebutkan, hari ini merupakan pertama kali berjumpa dengan RT dan RW di tahun 2022 setelah hampir empat bulan program pemerintahan kita sudah jalankan

Program pemerintah apa saja yang sudah lakukan dan yang akan berikan kepada masyarakat di tahun 2022, yang pertama adalah soal iuran komite anak-anak sekolah seluruh anak-anak SMA negeri swasta STM SLB.

Karena itu sudah dibayar Pemko melalui APBD. Kalau masih ada sekolah yang mengutip jangan mau dibayar karena kalaupun dikutip itu bisa masuk ke penggelapan dana yang dikirimkan oleh sekolah.

Ermam menyebutkan kalau ada masyarakat yang membayarnya, piha RT bapak RW sampaikan ke kelurahan, dengan informasi itu akan dapat menyampaikannya langsung ke dinas pendidikan.

"Penting saya sampaikan kenapa program ini penting karena masih ada juga sekolah yang memunguti uang sekolah anak SMA. Sementara hari ini program-program yang kita lakukan untuk meringankan masyarakat, adalah program yang langsung dirasakan masyarakat dan mengurangi beban masyarakat,"

"Iuran komite ini akan mengurangi beban langsung orang tua yang punya anak. Program lain yaitu program-program bagaimana pemulihan ekonomi pasca pandemi covid19, yaitu lewat tabungan Ustman," paparnya

Ia mengatakan, program tabungan Utsman simpang siur informasinya karena belum mensosialisasikan secara menyeluruh dan merata kepada seluruh RT dan RW yang menjadi perpanjangan tangan pemerintah.

Untuk diketahui, tabungan utsman digunakan untuk membayar pinjaman, yang pinjaman itu tidak ada jaminannya, tidak ada biayanya jaminannya juga. Biaya meminjam Rp10 juta menerima Rp10 juta tidak ada yang dipotong.

Pada masa pandemi ini, masyarakat pedagang pelaku, atau usaha kota Bukittinggi ada 13.806 pelaku usaha dari 127.000 jumlah masyarakat yang ada di Bukittinggi.

Artinya, ada 13.806 pelaku sakit terdampak akibat pandemi covid19 di kota Bukittinggi. "Data kita, dari 13.806 ini rata-rata kena dampak pandemi, karena tidak boleh berkerumun, pasar dibatasi orang tidak boleh bergerak dan segala macam akhirnya terjadi kehilangan keuntungan masyarakat. Bahkan ada yang kehilangan modal selama ini PPKM," ucapnya.

Menurut wako, saat ini semua sektor jenis usaha tidak membedakan dengan perusahaan-perusahaan menengah dan besar besar, saat ini dapat untung bisa menutupi kebutuhan pokok dan kebutuhan dasar untuk satu atau dua hari bisa hidup.

"Itu untuk ndua hari. Kalau bisa sebulan beroperasi hitungan per bulan, lalu labanya mungkin bisa untuk dua bulan ke depan atau hampir setengah tahun, hanya satu bulan beroperasi. Kalau dia los atau kehilangan keuntungan, yang kehilangan potensi keuntungan untuk 6 bulan, kalau terjadi satu bulan yang saat ini kan sudah 2 tahun lebih banyak yang kelas mikro."

"Untuk itu, sedikit saja sentuhan ini akan mengembalikan lagi situasi ekonomi mereka dengan terbitlah tabungan utsman, butuh modal diberikan modal langsung insya Allah kembali bangkit," paparnya.

Untuk diketahui, insentif RT, RW dan LPM penyerahannya untuk tiga bulan yakni Januari Februari dan Maret. Penyaluran langsung ke rekening masing-masing.

Untuk RT insentif satu bulan Rp470 ribu, RW dan LPM per bulannya menerima Rp500 ribu. (ham)

Install aplikasi Valora News app di Google Play

Komentar

Berita Kabar Daerah