Kapolda Sumbar: Segera Cabut Ba'iat dengan NII

Kamis, 28 April 2022, 20:21 WIB | Kabar Daerah | Provinsi Sumatera Barat
Kapolda Sumbar: Segera Cabut Ba'iat dengan NII
Kapolda Sumbar Irjen Pol Teddy Minahasa, memberikan keterangan pers tentang NII pada wartawan di Dharmasraya, Kamis. (veri riki yanto)

PADANG (28/4/2022) - Polda Sumbar ultimatum masyarakat yang berbai'at pada kelompok Negara Islam Indonesia (NII), sesegera mungkin mencabut ba'iat dan kembali ke NKRI.

"Teror dalam bentuk apapun, dalam eskalasi apapun itu meresahkan masyarakat," kata Kapolda Sumbar Irjen Pol Teddy Minahasa, Kamis.

Sementara, pasca ratusan warga di Dharmasraya telah melakukan cabut ba'iat pada Rabu (27/4/2022), pihak kepolisian memastikan akan memberikan jaminan keamanan bagi mereka dari hal-hal yang tidak diinginkan.

"Kita akan berikan jaminan keamanan bagi mereka (ex. NII) yang telah kembali ke NKRI yang berideologi Pancasila dan Undang-undang 1945. Jaminan keamanan, ketertiban kita wujudkan di tengah masyarakat," ujarnya.

Baca juga: Seluruh Eks NII di Sumbar Tuntas Cabut Ba'iat, Kapolda: Terima Kasih Atas Kesadarannya

Untuk itu, Irjen Teddy kembali mengimbau masyarakat yang terafiliasi dengan kelompok tersebut, agar dengan kesadaran hatinya kembali ke Negara Kesatuan Republik Indonesia tercinta ini.

Sebelumnya, sebanyak 391 orang yang tergabung dalam kelompok jaringan NII (Negara Islam Indonesia), menyatakan dirinya kembali ke NKRI yang berlandaskan Pancasila dan Undang-undang 1945.

Hal ini mereka sampaikan saat mencabut bai'at masal dengan melakukan pengucapan sumpah setia kepada NKRI di auditorium kantor bupati Dharmasraya, Rabu (27/4/2022) sore.

Dalam bai'at masal ini, turut disaksikan langsung oleh Kadensus 88 AT Polri, Irjen Pol Marthinus Hukom, Gubernur Sumbar, Mahyeldi, Kapolda Sumbar, Irjen Pol Teddy Minahasa, Danrem 032 Wirabraja, Kabinda Sumbar, Pejabat Utama Polda Sumbar, Bupati Dharmasraya, Kapolres Dharmasraya serta para tokoh lainnya. (vri)

Baca juga: 225 Orang Eks NII Cabut Bai'at Jilid III di Limapuluh Kota

Penulis:
Editor:
Sumber:

Bagikan: