Libur Lebaran 1443 H: Sepekan, 141 Ribu Wisatawan Masuk Bukittinggi, Hendry: Data dari Tiga Objek Wisata Unggulan

Senin, 09 Mei 2022, 15:16 WIB | Wisata | Kota Bukittinggi
Libur Lebaran 1443 H: Sepekan, 141 Ribu Wisatawan Masuk Bukittinggi, Hendry: Data dari...
Kepala Dinas Pariwisata, Pemuda dan Olahraga Bukitinggi, Hendry. (hamriadi)

BUKITTINGGI (9/5/2022) - Sebanyak 141 ribu wisatawan tercatat berkunjung ke Bukittinggi selama libur lebaran Idul Fitri 1443 Hijrah, terhitung dari 2-8 Mai 2022.

"Dominan yang datang berkunjung merupakan wisatawan lokal dari berbagai daerah di Sumatera Barat," ungkap Kepala Dinas Pariwisata, Pemuda dan Olahraga Bukitinggi, Hendry, di Bukittinggi, Senin.

Ia mengatakan, jumlah 141 ribu pengunjung merupakan data dari total jumlah pengunjung yang datang berwisata ke tiga objek wisata unggulan yang ada di Bukittinggi.

"Di Bukittinggi, terdapat tiga objek wisata unggulan. Dari catatan kita, untuk objek wisata Panorama Lobang berjumlah 26 ribu, Benteng Fort de Kock sebanyak 18 ribu dan 97 ribu dari Kebun Binatang," paparnya.

Baca juga: Pengembangan Pariwisata Berbasis Masyarakat ala Pemprov Sumbar Patut Dikembangkan

Menurut dia, selain didominasi wisatawan lokal dari berbagai daerah di Sumbar, juga ada dari Provinsi Riau, Sumatera Utara, Jambi, Palembang dan Aceh.

"Dari daerah Jawa juga ada. Hanya saja jumlahnya tidak banyak, lebih banyak itu warga perantauan yang pulang kampung memanfaatkan momen lebaran," ungkapnya.

Dia memperkirakan, sekitar 99 persen pengujung yang datang dari daerah Jawa ke Bukittinggi adalah perantauan.

"Sekitar 1 persen warga dari Pulau Jawa yang betul-betul berkunjung ke Bukittinggi untuk berwisata di hari Raya Idul Fitri tahun ini," ucapnya.

Baca juga: Apel Perdana Pascalebaran, Hansastri: Terapkan Disiplin dan Siap Bekerja Dimana Saja

Disampaikan, jumlah kunjungan wisatawan datang ke Bukittinggi mencapai 141 ribu, mengingat lebaran tahun ini merupakan lebaran pasca pandemi covid19.

Halaman:

Penulis:
Editor: Devan Alvaro
Sumber:

Bagikan: