Mahyeldi Kunjungi Pimpinan Forkopimda, Restoratif Justice jadi Pembicaraan

Al Imran | Selasa, 10-05-2022 | 16:14 WIB | 331 klik | Provinsi Sumatera Barat
<p>Mahyeldi Kunjungi Pimpinan Forkopimda, Restoratif Justice jadi Pembicaraan<p>

Gubernur Sumbar, Mahyeldi dan jajaran, foto bersama dengan Lantamal II Teluk Bayur di Bukit Peti-peti, Senin. (humas)

PADANG (9/5/2022) - Gubernur Sumatera Barat, Mahyeldi menyambangi satu persatu pejabat mitra strategis pemerintah daerah yang tergabung dalam Forum Komunikasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) Sumbar sepanjang Senin.

Kunjungan ini dalam rangka halal bi halal lebaran Idul Fitri 1443 H tahun 2022. Mahyeldi tampak didampingi Sekretaris Daerah, Hansastri, Asisten II, Asisten III, Kadis Kominfotik Jasman Rizal, Kabiro Adpim, Maifrizon serta beberapa pejabat di lingkup Pemprov Sumbar.

Mahyeldi memulai kunjungan ke Mapolda Sumbar. Disini gubernur dan rombongan disambut langsung oleh Kapolda Sumbar Irjen Pol Teddy Minahasa.


Dalam ramah tamah di ruang Kapolda, Mahyeldi menyampaikan terimakasih dan apresiasi atas bantuan dan kerjasama yang dilakukan Polda Sumbar dalam menciptakan suasana kondusif selama Ramadhan dan libur lebaran.

Selanjutnya, secara berturut-turut hingga petang hari, gubernur dan rombongan menyambangi Danrem 032/WB, Danlanud Sutan Syahrir, Kejati Sumbar, Pengadilan Tinggi Padang, Ketua DPRD Sumbar, dan terakhir Kepala BIN Daerah Sumbar.

Danrem 032/WB Brigjen TNI Purmanto, juga menyambut baik kehadiran gubernur dan mendiskusikan panjang lebar tentang sejumlah sinergi dan kolaborasi Pemda dengan TNI yang bisa menjadi kekuatan potensial dalam membangun daerah.

"Sinergitas antara semangat dari TNI jika dikolaborasikan dengan fasilitas yang dimiliki pemda, bisa jadi kekuatan yang sangat potensial. Banyak hal bisa dikerjasamakan seperti pembinaan anak jalanan, bantu warga miskin dengan memberikan bantuan usaha, bedah rumah dan mencetak generasi prodiktif," kata Brigjen Purmanto.

Mahyeldi juga menyambut positif kolaborasi tersebut dan segera instruksikan kepala dinas terkait untuk menindaklanjuti.

"Ini sangat positif, banyak hal yang bisa kita kolaborasikan. Sebab, kita tidak bisa kerja sendiri membangun daerah ini, harus berkolaborasi," ucap Mahyeldi.

Di Pengadilan Tinggi Padang (PT Sumbar), gubernur dan jajaran PT juga mendiskusikan hal serupa. Secara spesifik, pihak PT ingin ada kerjasama yang terpadu antara berbagai instansi terkait implementasi restoratif justice di Ranah Minangkabau yang menurut Ketua PT, DR H Amril sangat potensial karena Sumbar memiliki kearifan lokal dan punya lembaga kerapatan adat yang solid.

Terakhir, Gubernur bersilaturahmi ke Rumah dinas Ketua DPRD Provinsi Sumbar dan Badan Intelejen Negara (BIN) Daerah Sumbar. (kyo)

Install aplikasi Valora News app di Google Play

Komentar

Berita Kabar Daerah