Senator Muslim M Yatim Tinjau Kesiapan Keberangkatan CJH Bukittinggi

Rabu, 11 Mei 2022, 15:30 WIB | News | Kota Bukittinggi
Senator Muslim M Yatim Tinjau Kesiapan Keberangkatan CJH Bukittinggi
Anggota DPD RI, Muslim M Yatim mengisi masa reses dengan berdialog dengan jajaran Kemenag Bukittinggi terkait keberangkatan haji di tahun 2022 ini. Di kesempatan itu, Muslim M Yatim didampingni bersama Marfendi (Wawako Bukittinggi). (hamriadi)

BUKITTINGGI (11/5/2022) - Anggota DPD RI dari daerah pemilihan Sumatera Barat, Muslim M Yatim berharap, pelaksanaan haji tahun 2022 ini tidak menjadikan vaksinasi Covid19 booster sebagai salah satu syarat kemberangkatan Calon Jemaah Haji (CJH) ke tanah Suci Mekkah, Arab Saudi.

"Kita berharap demikian, agar CJH tak ada terkendala keberangkatan gara-gara belum divaksinasi covid19 booster," tegas Muslim saat berkunjung ke Kantor Kemenag Bukittinggi, Selasa.

Dalam kunjungan itu, dia didampingi Wakil Wali Kota Bukitinggi, Marfendi. Muslim mengatakan, harpan agar vaksinasi covid19 booster tidak jadi salah satu persyaratan berangkat haji, akan disampaikannya langsung ke Menteri Agama RI, Yaqut Cholil Qoumas.

"Kita akan temui pak menteri saat di Jakarta nanti. Mudah-mudahan keberangkatan CJH tanpa vaksinasi covid19 booster tidak di tahun ini," paparnya.

Baca juga: Muslim M Yatim Sampaikan Salam Maaf dan Terima Kasih untuk Relawan dan Masyarakat Sumbar

Dipertemuan itu, Muslim M Yatim yang juga dihadiri pejabat Dinas Kesehatan Bukittinggi, drg Salvi Raini, Kasi Haji Kemenag Bukittinggi, Tri Andriani beserta staff meminta, CJH yang akan berangkat agar betul istithaah.

"Jika sudah istithaah akan tercapai tiga hal yaitu aman perjalanan, aman kesehatan dan aman keberangkatan," paparnya. Istithaah yakni kemampuan Jemaah Haji secara jasmaniah, ruhaniah, pembekalan dan keamanan untuk menunaikan ibadah haji tanpa menelantarkan kewajiban terhadap keluarga.

Pada kesempatan tersebut, Muslim M Yatim juga menerima sejumlah permintaan dari staf Kemenag, terkait kantor yang luas secara bangunan dan areal parkir tidak memadai.

Hal itu sedikit ada kendala dalam memberikan pelayanan di musim haji dan umrah pada masyarakat, akan mengurus pemberangkatan mereka.

Baca juga: Anies Baswedan Percayakan Muslim M Yatim jadi Koordinator Dapur Umum Saksi AMIN se-Sumbar

Menurut Muslim, kantor Kemenag Bukittinggi memang tampak kurang representatif. Dia juga akan mencoba sampaikan ke Menteri Agama untuk mencarikan solusinya.

Halaman:

Penulis:
Editor:
Sumber:

Bagikan: