Materi tentang Pembiasaan Aktivitas Harian CJH Penting Disiapkan

Rabu, 11 Mei 2022, 21:44 WIB | Kabar Daerah | Kota Bukittinggi
Materi tentang Pembiasaan Aktivitas Harian CJH Penting Disiapkan
Wawako Bukittinggi, Marfendi.mendampingi senator DPD RI dari pemilihan Sumbar, Muslim M Yatim saat kunjungan kerja ke Kemenag Bukittinggi, Rabu. (hamriadi)

BUKITTINGGI (11/5/2022) - Calon Jemaah Haji (CJH) dari berbagai status ekonomi, tentunya memiliki beragam kebiasaan sehari-hari. Misalnya kebiasaan di toilet, tentu tak sama orang ekonomi mapan dengan orang yang berekonomi menengah ke bawah.

Sementara, dilihat dari hotel-hotel akan tempatnya CJH menginap, rata-rata hotel berbintang dengan toilet yang mewah. Maka dari itu, kebiasaan CJH sewaktu di rumah ketika menggunakan toilet, perlu penyesuaian ketika di hotel.

"Perlu sekiranya dibuatkan materi pemberian pengetahuan saat CJH berada di hotel atau tempat lainnya ketika CJH berada di tanah suci Mekkah," ujar Wakil Wali Kota Bukittinggi, Marfendi saat mendampingi Anggota DPD RI dari daerah pemilihan Sumatera Barat, Muslim M Yatim saat berkunjung ke Kantor Kemenag Bukittinggi, Selasa.

Menurut Marfendi, dengan adanya materi ajar mengenai tentang tata cara berada di hotel, selain tentang tatacara melaksanakan ibadah haji akan memudahkan para CJH saat melaksanakan ibadah haji.

Baca juga: Marfendi Sampaikan Nota Pengantar Ranperda Penanaman Modal Daerah dan Ranperda PPPA

Muslim M Yatim mengakui hal itu. Ia mengatakan, sewaktu sebagai petugas pendamping haji, memang ada beragam hal perilaku CJH tak sema dengan yang lain.

"Salah satu contoh, saat berada di pesawat. Ada penggunaan toilet oleh CJH dengan cara jongkok yang seharusnya dilakukan dengan duduk. Memang ini beragam lantaran perbedaan kebiasaan," paparnya.

Menurut Muslim, kondisi seperti itu, kehadiran pendamping CJH sangat penting, yang bahkan perlu sekiranya pendamping bisa menguasai bahasa Arab.

Pada pertemuan itu, Muslim M Yatim yang juga dihadiri pejabat Dinas Kesehatan Bukittinggi, drg Salvi Raini, Kasi Haji Kemenag Bukittinggi, Tri Andriani beserta staf.

Baca juga: Perangi Kemiskinan dan Kebodohan jadi Tema Hari Pahlawan 2023, Marfendi: Ini Tantangan

Dalam kesempatannya Tri Andriani mengatakan, di Kemenag pihaknya juga mengajari CJH bagaimana bisa lancar membaca Al Qur'an, selain tata cara haji dan tahapan pelaksanaan haji.

Halaman:

Penulis:
Editor: Devan Alvaro
Sumber:

Bagikan: