Seluruh Eks NII di Sumbar Tuntas Cabut Ba'iat, Kapolda: Terima Kasih Atas Kesadarannya

Kamis, 12 Mei 2022, 16:51 WIB | News | Provinsi Sumatera Barat
Seluruh Eks NII di Sumbar Tuntas Cabut Ba'iat, Kapolda: Terima Kasih Atas Kesadarannya
Kapolda Sumatera Barat, Irjen Pol Teddy Minahasa didampingi Mahyeldi (Gubernur Sumbar), Safaruddin (Bupati Limapuluh Kota) diwawancarai wartawan usai prosesi cabut ba'iat massal dan pengucapan sumpah setia Jilid III kepada NKRI, di aula kantor bupati Lima

LIMPULUH KOTA (12/5/2022) - Kapolda Sumatera Barat, Irjen Pol Teddy Minahasa menyampaikan terima kasih, apresiasi serta penghargaan yang setinggi tingginya atas kesadaran warga di Sumbar yang terpapar aliran radikalisme NII (Negara Islam Indonesia).

Dengan kesadaran tinggi, semua yang terpapar telah kembali menyatakan kesetiaannya kepada Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI).

"Tenggang waktu yang saya berikan sampai 20 Mei. Alhamdulillah, sebelum sampai tanggal 20 Mei, seluruhnya telah cabut ba'iat," ucap Irjen Teddy Minahasa usai menghadiri prosesi cabut ba'iat massal dan pengucapan sumpah setia Jilid III kepada NKRI, di aula kantor bupati Limapuluh Kota, Kamis.

Ia menyebut, Mabes Polri sebelumnya menginformasikan, terdapat 1.125 orang di Sumbar terlibat NII. Kemudian, dari pengembangan yang dilakukan, jadi 1.157 orang. "Ada penambahan 32 orang," katanya.

Baca juga: Libur Lebaran 2024, Program Desa Wisata Dongkrak Angka Kunjungan Wisatawan

Dijelaskan Irjen Teddy Minahasa, dari data yang telah direlease, di Kabupaten Dharmasraya sebanyak 391 orang, kemudian di Kabupaten Tanah Datar 518 orang dan untuk hari ini adalah 225 orang.

"Seluruhnya yang sudah melakukan cabut ba'iat sejumlah 1.134," tegasnya.

Dia menerangkan, 16 orang pertama telah dilakukan penangkapan dan ada 7 orang yang meninggal dunia. Meninggal dunianya bukan karena penegakan hukum, tetapi sudah takdirnya meninggal dunia.

"Sekali lagi saya ucapkan terima kasih dan apresiasi yang setinggi tingginya seluruh anggota NII yang telah sadar tanpa dipaksa paksa menyatakan setianya kepada NKRI," sebut dia.

Baca juga: PILKADA PESSEL: KPU Rekrut 75 Orang Calon PPK

Ia menambahkan, seluruh mereka yang telah kembali kepada NKRI tersebut, nantinya akan dilakukan pembinaan dan pengawasan serta monitoring secara bersama-sama dengan stakeholder dan juga elemen bangsa.

Halaman:

Penulis:
Editor:
Sumber:

Bagikan: