Laporan Dirut Bank Nagari ke Gubernur Sumbar: Warga Negara Asing Ditenggarai Lakukan Praktek Skimming di 3 ATM Bank Nagari

Sabtu, 14 Mei 2022, 21:42 WIB | Bisnis | Provinsi Sumatera Barat
Laporan Dirut Bank Nagari ke Gubernur Sumbar: Warga Negara Asing Ditenggarai Lakukan...
Gubernur Sumbar, Mahyeldi menerima penjelasan Dirut Bank Nagari, M Irsyad terkait terjadinya praktek skimming yang menyebabkan kerugian pada 141 nasabah, Jumat. (humas)

PADANG (13/5/2022) - Direktur Utama Bank Nagari, M Irsyad menyatakan, kejahatan perbankan kategori skimming yang terjadi perusahaan kebanggaan urang awak itu, diduga dilakukan seorang warga negara asing (WNA) di tiga unit ATM di Kota Padang.

"Guna mengantisipasi terulangnya kembali tindak kejahatan (cyber criminal) itu, Bank Nagari telah memblokir seluruh proses transaksi berupa transfer dan tarik tunai yang dilakukan oleh bank lain yang masih menggunakan kartu Magnetic Stripe," ungkap M Irsyad saat beraudiensi dengan Gubernur Sumbar, Mahyeldi, di ruang kerja gubernur, Jumat.

Dugaan keterlibatan WNA itu, ungkap Irsyad, berdasarkan rekaman aktivitas pelaku pencurian uang nasabah ini di CCTV ATM yang terletak di tiga kawasan di Kota Padang yaitu Kawasan Aur Duri, Tarandam dan Anduring.

"Sebanyak 141 nasabah Bank Nagari, merupakan korban praktek skimming ini," ungkapnya.

Baca juga: Bank Nagari Gelar Bazar Paket Pangan Murah, Pembayaran Pakai QRIS

Seperti diketahui, magnetic stripe atau kartu strip magnetik, merupakan kartu yang menggunakan pita magnetik sebagai media penyimpanan suatu data. Kartu ini digunakan oleh berbagai bank untuk penarikan uang.

Saat ini, penggunaan kartu ATM pita magnetik akan dialihkan menggunakan kartu ATM chip. Irsyad mengimbau nasabah Bank Nagari, untuk bertransaksi di mesin ATM Bank Nagari saja.

"Bagi Nasabah Bank Nagari, saya anjurkan untuk sementara ini, melakukan penarikan uang atau transaksi lainnya di ATM Bank Nagari, karena pelaku tersebut melakukan proses skimming," imbau Irsyad.

Jangan Panik

Baca juga: BANJIR PESSEL: Bank Nagari Cabang Painan Bantu Rp50 Juta

Sementara, Mahyeldi, mengapresiasi kesigapan Bank Nagari dalam menangani kasus tersebut, ia juga mengimbau masyarakat untuk tidak panik dan segera mengganti kartu ATM Bank Nagari terbaru yang menggunakan chip.

Halaman:

Penulis:
Editor:
Sumber:

Bagikan: