BNPB Gelar Pagelaran Budaya Sadar Bencana di Jam Gadang

Minggu, 15 Mei 2022, 12:16 WIB | Kabar Daerah | Kota Bukittinggi
BNPB Gelar Pagelaran Budaya Sadar Bencana di Jam Gadang
Kepala BNPB, Letjen Suharyanto menerima cenderamata dari Gubernur Sumbar, Mahyeldi disaksikan Erman Safar (Wako Bukittinggi) dan Kepala BPBD Sumbar di pelajataran Jam Gadang, Sabtu malam. (humas)

BUKITTINGGI (14/5/2022) - BNPB gelar pagelaran budaya sadar bencana di Kota Bukittinggi. Kegiatan yang dihadiri Kepala BNPB, Letjen TNI Suharyanto itu, dilaksanakan di Kawasan Pedestrian Jam Gadang, Sabtu malam.

Pagelaran budaya sadar bencana ini, mengangkat tema "Alam Takambang Jadi Guru." Dimana, di dalamnya tersirat mitigasi bencana melalui kearifan lokal. Kegiatan ini menjadi salah satu upaya BPNB dalam memberikan edukasi terkait mitigasi bencana pada masyarakat.

Dalam kesempatan itu, Wali Kota Bukittinggi, Erman Safar, mengungkapkan, Bukittinggi memiliki luas 25 km, efektifnya hanya 18 km dengan tiga kecamatan.

Bukittinggi juga dilewati Patahan Gempa Segmen Sianok, sehingga rentan bencana gempa. Wako juga berharap, BNPB dapat melakukan penelitian zona rawan bencana di Ngarai Sianok. Karena memang banyak warga yang tinggal di sekitar ngarai itu.

Baca juga: 8,1 Juta Wisatawan Telah Berkunjung ke Sumbar per Oktober 2023

"Untuk itu, butuh edukasi terhadap masyarakat tentang mitigasi bencana. Salah satu upaya dapat dilakukan pendekatan dengan budaya lokal seperti pagelaran budaya ini."

"Kami berharap, edukasi mitigasi bencana dapat disisipkan dalam kurikulum sekolah. Sehingga para pelajar di Bukittinggi menjadi pelajar yang sadar bencana, dan kami sangat berterima kasih pada BNPB yang telah mengadakan kegiatan ini di Bukittinggi. Semoga warga Bukittinggi semakin paham dengan mitigasi bencana dan menjadi masyarakat yang sadar bencana," ujar Erman Safar.

Pagelaran seni budaya sadar bencana ini, dimeriahkan Sanggar Gastarana, Tari Anak Nagari, Rampak Tapuak Galambuak dan Tari Piriang Rancah Pacah. (ham)

Baca juga: Erman Safar Salurkan Bantuan Sosial bagi 3.240 Warga Bukittinggi Terdampak Covid19

Penulis:
Editor: Devan Alvaro
Sumber:

Bagikan: