Erman Safar Usulkan Sadar Bencana Masuk Kurikulum Sekolah, Suharyanto: BNPB Siap Dukung

Minggu, 15 Mei 2022, 19:27 WIB | Kabar Daerah | Kota Bukittinggi
Erman Safar Usulkan Sadar Bencana Masuk Kurikulum Sekolah, Suharyanto: BNPB Siap Dukung
Kepala Pusdatinkom BNPB, Abdul Muhari, Letjen TNI Suharyanto (Kepala BNPB), Mahyeldi (Gubernur Sumbar) dan Erman Safar (Wako Bukittinggi) memukul gendang sebagai tanda dimulainya Pagelaran Budaya Sadar Bencana di Alun-alun Jam Gadang Bukittinggi, Sabtu ma

BUKITTINGGI (14/5/2022) - Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) menilai Indonesia memiliki resiko bencana yang sangat besar. Sehingga, jadi salah satu negara dengan resiko bencana tertinggi di dunia dan dijuluki sebagai 'Supermarket Bencana.'

Diketahui, Sumatera Barat sendiri merupakan salah satu provinsi yang memiliki potensi bencana alam yang cukup besar. Hampir seluruh bencana alam yang ada di seluruh wilayah Indonesia, seperti banjir bandang, longsor, tsunami, angin puting beliung, cuaca ekstrem dan lainnya, juga terjadi di Sumbar. tak ayal, Sumatera Barat juga disebut sebagai daerah supermarket bencana.

Hal tersebut disampaikan Kepala Pusat BNPB, Letjen TNI Suharyanto saat membuka Pagelaran Budaya Sadar Bencana di Alun-alun Jam Gadang Bukittinggi, Sabtu malam.

"Hingga Mei 2022 ini, sudah ada 1.491 bencana yang terjadi di Indonesia. Sedangkan di tahun 2021 yang lalu, terdapat sekitar 5000 lebih bencana terjadi. Bencana bisa diantisipasi jika pemerintah dan masyarakat kuat dengan aspek pencegahannya. Oleh karena itu, perlu edukasi terhadap masyarakat terkait mitigasi bencana," ungkap Letjen Suharyanto.

Baca juga: Libur Lebaran 2024, Tingkat Hunian Hotel Naik 100 Persen

Menanggapi hal tersebut, Gubernur Sumatera Barat, Mahyeldi mengungkapkan, secara geologi Provinsi Sumatera Barat merupakan daerah yang memiliki potensi bencana yang cukup tinggi. Hal tersebut disebabkan beberapa faktor.

Seperti, posisi geografis Sumbar yang dilalui tiga lempeng dunia, yang menyebabkan gempa bumi dan dapat memicu tsunami, faktor iklim dan cuaca yang mendukung dapat meningkatkan resiko terjadinya bencana hidrometeorologi di Sumbar.

"Sangat tepat sekali, momentum kegiatan sadar bencana ini diadakan di Provinsi Sumbar. Diharapkan, adanya kesadaran masyarakat dalam membangun budaya sadar bencana," ujar Mahyeldi.

Ia menyebutkan, Pemprov Sumbar telah menghibahkan kurang lebih 2 hektar tanah, untuk pusat logistik penanggulangan bencana di Sumatera. Sehingga, perlunya dukungan untuk memenuhi kebutuhan logistik dalam rangka untuk menanggulangi resiko bencana dimasa yang akan datang.

Baca juga: Seminggu Liburan Idul Fitri 1445 H, Bukittinggi Raup PAD Rp2,2 Miliar

Mendukung hal tersebut, Wali Kota Bukittinggi, Erman Safar mengungkapkan, perlunya edukasi terhadap masyarakat terkait mitigasi bencana, salah satu upaya yang dilakukan adalah pembelajaran tentang edukasi bencana, dapat disisipkan di kurikulum di tingkat SD hingga SMA.

Halaman:

Penulis:
Editor:
Sumber:

Bagikan: