Kongres XVI KNPI, Angga: Hari Kedua Digelar Dialog Kebangsaan, Hadirkan Ipar Jokowi

Senin, 16 Mei 2022, 16:01 WIB | News | Nasional
Kongres XVI KNPI, Angga: Hari Kedua Digelar Dialog Kebangsaan, Hadirkan Ipar Jokowi
Ketua Mahkamah Konstitusi (MK), Prof Anwar Usman menerima cenderamata dari Ketua Umum DPP KNPI, Haris Pratama usai jadi keynote speaker pada Dialog Kebangsaan yang digelar dalam rangkaian Kongres XVI di Ternate, Maluku Utara, Senin.

TERNATE (16/5/2022) - Ketua KNPI Sumatera Barat, Angga Azkardha menilai, Dialog Kebangsaan yang digelar sebagai rangkaian kegiatan Kongres DPP KNPI XVI yang digelar selama sepekan (tujuh hari), salah satu indikator solidnya pengurus dibawah komando Haris Pratama.

"Dialog Kebangsaan ini menghadirkan Ketua Mahkamah Konstitusi (MK), Prof Anwar Usman yang notabene ipar Presiden Joko Widodo (Jokowi). Ini makin mengukuhkan legitimasi dan kekuatan KNPI di bawah komando Bang Ketum Haris Pratama," ungkap Angga melalui pesan whatsapp, Senin.

Diketahui, Kongres XVI Pemuda/KNPI ini dibuka Ahad (15/5/2022) di Ternate, Provinsi Maluku Utara. Dialog kebangsaan ini, merupakan agenda utama di hari kedua (16 Mei 2022-red) dari rangkaian pelaksanan kongres.

Dalam orasinya, Prof Anwar Usman menyebut, mengagumi tema kongres yang digagas DPP KNPI bersama panitia, Sinergi Pemuda Indonesia Bangkit. Anwar Usman menegaskan, Kongres Pemuda/KNPI ini, akan jadi momentum rakyat dan pemuda untuk taat konstitusi.

Baca juga: Mahyeldi Kobarkan Semangat Persatuan dan Kesatuan di Masjid Imam Bonjol

"Negara manapun dengan sistem pemerintahan apapun, harus menjunjung tinggi konstitusi. Negara akan hancur bila hukum tajam ke bawah dan tumpul ke atas," tegas Anwar Usman.

Hadir dalam dialog kebangsaan ini, Gubernur Maluku Utara, Abdul Gani Kasuba, Ketum DPP KNPI Haris Pratama, Sekjen, Gandung RN Huda serta seluruh kader KNPI dan OKP se-Indonesia.

Anwar kemudian mendorong kader KNPI, sebagai bagian dari penegak keadilan. "Saya berharap, kader-kader KNPI bisa jadi pendekar penegakan hukum, bahkan jadi hakim MK ke depan," tukas Anwar Usman yang langsung diamini peserta dialog kebangsaan.

Dalam paparannya, Anwar Usman lerbih banyak menjelaskan terkait wewenang Hakim Konstitusi. "Pemuda harus menanam nilai-nilai dasar hukum dan konstitusi," tukas Anwar Usman.

Baca juga: Mahyeldi Disambut Tradisi Joko Kaha di Ternate

Kongres XVI KNPI ini, dihadiri jajaran pengurus DPD KNPI di 34 provinsi dan ratusan OKP. Sedangkan KNPI Sumatera Barat, dihadiri langsung Ketua Umumnya, Angga Azkardha, Rodi Hamdani (Sekretaris Umum) serta para Wakil Ketua Bidang seperti Fikri Haldi, Asribel, Fyandi dan Gustia Riani Sani. (kyo)

Penulis:
Editor:
Sumber:

Bagikan: