Pengembangan Pariwisata Butuhkan Aspek 3A

Selasa, 17 Mei 2022, 20:21 WIB | Kabar Daerah | Kota Padang Panjang
Pengembangan Pariwisata Butuhkan Aspek 3A
Wali Kota Padang Panjang, Fadly Amran saat pembukaan Pelatihan Pengelolaan Desa Wisata, yang diselenggarakan Disporapar di Auditorium Mifan Waterpark, Selasa. (kominfo)

PADANG PANJANG (17/5/2022) - Wali Kota Padang Panjang, Fadly Amran menyebutkan, diperlukan aspek 3A (atraksi, amenitas dan aksesibilitas) sebagai syarat minimal pengembangan pariwisata dan memberikan pelayanan terbaik bagi wisatawan.

Hal itu diutarakan Fadly saat membuka kegiatan, sekaligus jadi narasumber Pelatihan Pengelolaan Desa Wisata, yang diselenggarakan Dinas Pemuda, Olahraga dan Pariwisata (Disporapar) di Auditorium Mifan Waterpark, Selasa.

"Kegiatan pelatihan ini menjadi prioritas dalam rangka pengembangan pariwisata di Kota Padang Panjang. Pelatihan ini juga berguna untuk menyikapi dunia kepariwisataan di tengah transisi pandemi Covid-19 yang sedang berlangsung," paparnya.

Fadly berharap, kegiatan ini mampu menjadi langkah lanjutan dan berkesinambungan bagi Disporapar dalam memfasilitasi dan memotivasi pengelola desa wisata di Padang Panjang untuk terus berinovasi dalam mengembangkan produk wisata di desa wisata yang dikelolanya.

Baca juga: Semarak Ramadhan di Kota Padang Panjang, Dari Itikaf, Berbagi Berkah hingga Tadarusan

Pelatihan ini diikuti kurang lebih 40 orang, terdiri dari pengelola desa wisata, Pokdarwis dan penggiat pariwisata se-Kota Padang Panjang. Diadakan selama tiga hari, mulai hari ini hingga 19 Mei mendatang.

"Pelatihan ini diisi dengan penyampaian materi selama dua hari. Pada hari ketiga akan dilakukan kunjungan ke Desa Wisata Kampuang Sarugo di Kabupaten Limapuluh Kota," sebut Kabid Pariwisata Disporapar, Reynold Oktavian.

Dalam pelatihan ini, menghadirkan narasumber di antaranya, Koordinator Desa Wisata Sumbar dan Tim Percepatan Sumbar Madani, Zuhrizul, Perintis Green Tourism, Ridwan Tulus, Anggota Badan Promosi Pariwista Sumbar, Ahmad Subani dan Akademisi UNP, Dr Feri Ferdian. (ham)

Baca juga: Kerugian Warga Padang Panjang Akibat Erupsi Gunung Marapi Capai Rp13 Miliar

Penulis:
Editor:
Sumber:

Bagikan: