DPT dan Pengguna Medsos Nyaris Sebanding, Adaptasi, Kolaborasi dan Digitalisasi jadi Kensicayaan

Rabu, 18 Mei 2022, 17:32 WIB | Kabar Daerah | Provinsi Sumatera Barat
DPT dan Pengguna Medsos Nyaris Sebanding, Adaptasi, Kolaborasi dan Digitalisasi jadi...
Ketua KPU Sumbar, Yanuk Sri Mulyani memimpin rapat kerja sosialisasi pendidikan pemilih, partisipasi masyarakat dan sumber daya manusia dengan KPU kabupaten dan kota se-Sumatera Barat, Rabu. (parmas)

PADANG (18/5/2022) - Ketua KPU Sumatera Barat, Yanuk Sri Mulyani mengungkapkan, dari 273 juta penduduk Indonesia, sebanyak 191 juta orang di antaranya adalah pengguna media sosial (Medsos).

"Ini angka menarik. Pada Pemilu 2019 lalu, jumlah Daftar Pemilih Tetap (DPT) 192 jutaan. Terlihat, angka pengguna medsos dan jumlah DPT nyaris sebanding. Tentunya penggunaan medsos jadi keniscayaan," jelas Yanuk Sri Mulyani di Padang, Rabu.

Pernyataan ini disampaikan Yanuk pada kegiatan sosialisasi pendidikan pemilih partisipasi masyarakat dan sumber daya manusia (Sosdiklih, Parmas dan SDM) dengan KPU kabupaten dan kota se-Sumbar di aula KPU Sumbar. Ini merupakan salah satu agenda strategis jelang memasuki pelaksanaan tahapan Pemilu 2024.

Dikesempatan itu, Yanuk didampingi Ketua Divisi Teknis, Gebril Daulai, Izwaryani (Ketua Divisi Sosdiklih, Parmas dan SDM), Yuzalmon (Ketua Divisi Perencanaan Data dan Informasi) dan Sekeretaris KPU Sumbar Firman serta Kabag Teknis, Sutrisno dan para Kasubag dilingkungan KPU Sumbar lainnya.

Baca juga: Peserta Kirab Pemilu 2024 Lalui 6 Daerah di Sumatera Barat

Dikatakan Yanuk, saat ini masih banyak masyarakat yang belum mengetahui makna Pemilu 2024. Masih banyak yang beranggapan, serentak itu dalam melaksanakan pemilihan presiden, legislatif dan kepala daerah (Pilkada).

"Padahal, dilaksanakan dalam dua waktu berbeda," ujar Yanuk Sri Mulyani.

Terkait fenomena jumlah DPT dan pengguna Medsos ini, Yanuk menyarankan jajaran KPU se-Sumatera Barat, mengoptimalkan fungsi Medsos dalam menyebarkan informasi terkait kepemiluan. Seperti melalui website, Instagram, Twitter dan Tik Tok.

Generasi X dan Y Mengecil

Baca juga: Magang Perdana MBKM Prodi Ilmu Politik: Tiga Mahasiswa Unand Magang di KPU Sumbar, Tengku Rika: Beri Mereka Tugas dan Tanggung Jawab

Sementara, Gebril Daulai menyebutkan, KPU sebagai lembaga penyelengara Pemilu harus mengikuti perkembangan teknologi informasi dan komunikasi.

Halaman:

Penulis:
Editor:
Sumber:

Bagikan: