Realisasi PAD Padang Baru Diangka 19,54 Persen per 20 Mei, Hendri: Alhamdulillah Meningkat

Sabtu, 21 Mei 2022, 20:06 WIB | Kabar Daerah | Kota Padang
Realisasi PAD Padang Baru Diangka 19,54 Persen per 20 Mei, Hendri: Alhamdulillah Meningkat
Wako Padang, Hendri Septa memimpin rapat evaluasi pencapaian PAD tahun 2022 di rumah dinas wali kota, Sabtu. (humas)

PADANG (21/5/2022) -- Target Pendapatan Asli Daerah (PAD) Padang tahun 2022 ditetapkan sebesar Rp989,902 miliar lebih. Per tanggal 20 Mei 2022, realisasinya secara keseluruhan baru di angka 19,54 persen atau setara dengan nilai Rp193,087 miliar lebih.

"Alhamdulillah, dibandingkan pada bulan yang sama di tahun lalu, capaian PAD kita tahun ini lebih meningkat jumlahnya. Insya Allah, pada Juni nanti, akan terjadi peningkatan signifikan, karena ada pajak daerah dari beberapa wajib pajak pada bulan Mei ini selama lebaran, yang belum masuk," terang Hendri Septa saat memimpin rapat evaluasi pencapaian PAD tahun 2022 di rumah dinas wali kota, Sabtu.

Dikatakan, PAD merupakan hal yang sangat pokok dan penting bagi pemerintah daerah dalam pembangunan daerah serta mensejahterakan dan mencukupi kebutuhan masyarakat. Karenanya, Hendri berharap, capaian PAD di tahun 2022 ini lebih meningkat dibanding tahun-tahun sebelumnya.

"Apapun kondisi dan situasinya, jangan itu jadi hambatan atau alasan bagi kita. PAD harus kita genjot dan kita harus betul-betul berupaya seoptimal mungkin," tegas Wako pada masing-masing kepala OPD yang melakukan ekspos terkait hasil PAD masing-masing per 20 Mei 2022 itu.

Baca juga: Pemerintah Bentuk Gugus Tugas Terpadu Berantas Judi Online

Terkait capaian tersebut, Hendri berharap, 16 OPD penghasil OPD di Pemko Padang bisa berupaya lebih optimal lagi menggenjot PAD, sehingga mencapai target yang telah ditetapkan di akhir tahun nanti.

"Kita harus lebih bekerja keras lagi meraih PAD sebanyak-banyaknya mulai sekarang atau beberapa bulan ke depan. Sehingga, pada akhir tahun nanti kita bisa tidak keteteran mengejar target PAD tersebut," tukas dia.

"Mari maksimalkan potensi yang kita miliki sebaik-baiknya. Nanti, di akhir tahunlah kita lihat hasilnya sekaligus mengevaluasi apa yang kita upayakan dalam setahun ini. Intinya saya berharap, jangan kita pernah menjadikan persoalan apapun sebagai penghambat langkah untuk mencapai target PAD," tegas dia.

Hendri Septa juga menyambut baik seiring terjadinya peningkatan hunian hotel terutama masa libur lebaran di Kota Padang. Begitu juga untuk rumah makan, cafe dan usaha sejenis lainnya.

Baca juga: Seminggu Liburan Idul Fitri 1445 H, Bukittinggi Raup PAD Rp2,2 Miliar

"Pendapatannya sampai tiga kali lipat dibanding hari biasa sebelum libur lebaran. Kita juga bersyukur banyaknya pemudik kemarin yang datang ke Kota Padang. Sehingga, ikut meningkatkan ekonomi kerakyatan warga kita," tuturnya didampingi Kepala Bapenda, Yosefriawan.

Halaman:

Penulis:
Editor:
Sumber:

Bagikan: