Munas Gebu VII Minang, Mahyeldi: Perantau Penggerak Pariwisata Sumbar

Kamis, 26 Mei 2022, 18:57 WIB | Wisata | Provinsi Sumatera Barat
Munas Gebu VII Minang, Mahyeldi: Perantau Penggerak Pariwisata Sumbar
Gubernur Sumbar, Mahyeldi foto bersama dengan Wakil Ketua Umum (Waketum) Gebu Minang, Irjen Pol Marwan Paris serta jajaran panitia dan tokoh lainnya, usai pembukaan Munas VII di Padang, Rabu. (humas)

PADANG (25/5/2022) - Gubernur Sumatera Barat, Mahyeldi menilai, potensi perantau Minangkabau menjadi salah satu komponen yang dapat menggerakkan pariwisata di Sumatera Barat. Dalam hal tersebut diperlukan peran Pemerintah Daerah kabupaten/kota dapat menampilkan keunggulan-keunggulan pariwisata di daerahnya masing-masing, yang berkonsentrasi pada pengembangan pariwisata di Sumbar.

"Potensi rantau merupakan salah satu komponen untuk menggerakkan pariwisata di Sumbar, saya harap masing-masing daerah menampilkan potensi pariwisata daerahnya masing-masing. Ditambah saat ini kita sedang mempersiapkan objek wisata yang berkelas internasional di Sumbar," ungkap Mahyeldi saat pembukaan Munas (Musyawarah Nasional) Gebu Minang VII di Padang, Rabu.

Dikatakan, Pemprov Sumbar telah menyiapkan beberapa program untuk peningkatan pariwisata. Salah satunya adalah membuat iven-iven nasional dan regional. Ia juga menyinggung iven besar yang disiapkan oleh Pemprov Sumbar pada tahun 2023 mendatang, di antaranya adalah Pekan Nasional Tani (Penas Tani) 2023.

"Kita harapkan dengan diselenggarakannya iven Penas Tani bisa menghadirkan wisatawan sebanyak 50 ribu orang ke Sumbar. Mengingat pada tahun 2015-2019 di Kota Padang terjadi peningkatan Pendapatan Asli Daerah (PAD) sebanyak 600 persen lebih, hal tersebut disebabkan kita fokus pada peningkatan pariwisata," tuturnya.

Baca juga: Perbaikan Jalan di Sumbar, Kementrian PUPR Kucurkan Rp478,6 Miliar melalui Program IJD, Percepatan Tol juga Disetujui

Ketua Pelaksana Munas VII Gebu Minang, H Fadly Amran dalam laporannya menyampaikan, jumlah peserta 300 orang, ditambah peninjau yang mencapai sekitar 200 peninjau. Dia berharap, dalam Munas VII para peserta dapat memberikan gagasan-gagasan yang luar biasa.

"Alhamdulillah kita bersama PT POS Indonesia akan meluncurkan Pospay Gebu Minang, hal ini tentunya menandakan Munas kali ini dapat melahirkan gagasan yang up to date, yang bisa memajukan perekonomian dan kebudayaan di Indonesia," ujarnya.

Ia menambahkan, peserta berasal dari 20 DPW Gebu Minang Provinsi, 80 DPD dan 14 organisasi lainnya yang tersebar dari seluruh pelosok nusantara.

Dikatakannya, Munas kali ini juga memberikan ruang kepada Usaha Kecil Mikro menengah (UMKM) untuk mempromosikan produknya selama Munas berlangsung.

Baca juga: Festival Rakyat Muaro Padang, Hadirkan Suasana Tempoe Doeloe

Dewan Pituo Gebu Minang, Prof Emil Salim, menyampaikan rasa terima kasih kepada perantau Minang atas kecintaannya pada kampung halamannya, walaupun pada saat ini mereka sedang tinggal di negara orang.

Halaman:

Penulis:
Editor:
Sumber:

Bagikan: