IKM Jakarta Gelar Silaturahmi Ala Suasana Kampung, Ini Harapan Mahyeldi

Minggu, 29 Mei 2022, 20:41 WIB | Kabar Daerah | Nasional
IKM Jakarta Gelar Silaturahmi Ala Suasana Kampung, Ini Harapan Mahyeldi
Gubernur Sumbar, Mahyeldi memberikan sambutan pada pembukaan silaturahmi selama enam hari yang digelar Ikatan Keluarga Minangkabau (IKM) DPD Jakarta Pusat di Gelora Bung Karno, DKI Jakarta, Sabtu. (humas)

JAKARTA (28/5/2022) - Ikatan Keluarga Minangkabau (IKM) DPD Jakarta Pusat, menggelar silaturahmi selama 6 hari di Gelora Bung Karno, DKI Jakarta, mulai Sabtu.

"Bagi masyarakat Sumbar, kekuatan perantau alah penggerak ekonomi di ranah maupun rantau. Semangat perantau sangat luar biasa. Terbukti pada saat pandemi, perantau yang mampu, banyak membantu dunsanaknya yang membutuhkan," ucap Mahyeldi saat membuka kegiatan.

Gelaran silaturahmi yang diwarnai suasana di kampung halaman ini, menghadirkan kuliner dan bazar UMKM khas Sumatera Barat. Di kesempatan itu, Mahyeldi tampak didampingi Ketua TP-PKK Sumbar, Harneli Bahar.

Dalam sambutannya, Mahyeldi mengapresiasi peran IKM yang telah jadi tempat para perantau, saling bahu-membahu membudayakan adat dan tradisi ketika berada di rantau. Ini juga bentuk dukungan terhadap program-program pemerintah daerah asal maupun pemerintah daerah rantau masing-masing.

Baca juga: 67 Pengusaha Randang Berhimpun di Hipermi, Gubernur: Tembus Pasar Nasional hingga Internasional

"Pemprov Sumbar mengucapkan terima kasih telah mengorganisir lembaga IKM, sebagai salah satu organisasi perantau yang turut serta membangun ranah dan rantau," lanjutnya.

Hal serupa disampaikan Ketua Dewan Pengawas IKM, Irman Gusman. Menurutnya, Sumatera Barat memiliki jiwa membangun Indonesia yang diambil dari contoh terdahulunya, dikarenakan hubungan ranah dan rantau merupakan kunci dari peran IKM dalam peran organisasi sendiri.

"Bagi orang Minangkabau, membangun Indonesia merupakan suatu keharusan dan kewajiban, apa lagi kampungnya sendiri, dimana rasa keminangan rantau ini sangat melekat di diri perantau ini" ucap Irman.

Ajang silaturahmi tersebut jadi pengingat bagi perantau agar tidak lupa budaya kampung halaman. Para perantau disuguhi dengan kuliner dari berbagai wilayah di Sumatera Barat seperti sate danguang- danguang, lontong pical, nasi kapau dan lainnya serta diiringi dengan tarian persembahan dan lagu-lagu Minangkabau, menjadikan perantau di acara IKM kali ini merasakan rantau seras di ranah.

Baca juga: Halal Bihalal IKA FPUA, Mahyeldi: Tingkatkan Kontribusi dan Bukti Nyata Peran Alumni

Turut hadir Bupati Agam, Andri Warman, Ketua DPW IKM Jakarta sekaligus Wakil Wali Kota Jakarta Pusat, Irwandi, Ketua DPP IKM Pusat, Efendi dan Ketua Umum Sulit Air Sepakat (SAS), H Syamsudin Muhtar. (kyo)

Penulis:
Editor:
Sumber:

Bagikan: