Kisruh Peralihan IUP PT BKPL ke PT PCN, Bendahara PBNU: Ini Persoalan Saya dengan Haji Isam

Kamis, 02 Juni 2022, 15:18 WIB | News | Nasional
Kisruh Peralihan IUP PT BKPL ke PT PCN, Bendahara PBNU: Ini Persoalan Saya dengan Haji...
Bendahara Umum Pengurus Besar Nahdlatul Ulama, Mardani H Maming (baju biru) didampingi pengacara, Irfan Idham, memberikan keterangan pada wartawan di gedung KPK, Kamis.

JAKARTA (2/6/2022) - Bendahara Umum Pengurus Besar Nahdlatul Ulama, Mardani H Maming memenuhi panggilan pemeriksaan KPK, Kamis.

Mardami menyebut, pemeriksaan itu tidak lepas dari permasalahannya dengan Syamsuddin Arsyad alias Haji Isam, yang disebut sebagai raja batubara Kalimantan.

Mardani datang pada Kamis pagi ke kantor KPK di kawasan Kuningan, Jakarta.

"Ini sebenarnya permasalahan saya dengan Syamsuddin Arsyad atau Haji Isam. Tetapi, nanti setelah pemeriksaan, saya akan rincikan lagi penjelasannya," kata dia.

Baca juga: Kuasa Hukum Pertanyakan Alasan KPK: PBNU akan Bela Mardani H Maming secara Organisasi

Ia tidak menjelaskan lebih lanjut, persoalan yang membuatnya dipanggil lembaga pemberantas rasuah tersebut. Keterangan terbukanya di gedung KPK, mengindikasikan ada perseteruan terkait tambang batubara.

Haji Isam dikenal sebagai salah satu Raja Batubara Kalimantan.

Ia juga punya perusahaan penyewaan pesawat, helikopter dan tongkang. Salah satu pesawatnya dipakai untuk mengantar Zakir Naik selama di Indonesia, yang merupakan buronan sejumlah kasus di India sehingga memilih tinggal di luar India.

Kasus Gratifikasi

Baca juga: Sekjen JMSI dan Ketum HIPMI Bersilaturahmi, Ini yang Dibahas

Selama beberapa waktu terakhir, nama Maming disebut dalam kasus suap yang menjerat mantan Kepala Dinas Pertambangan Tanah Bumbu, Dwidjono Putrohadi Sutopo. Jaksa menyebut, Dwidjono menerima suap Rp27 miliar untuk izin pertambangan.

Halaman:

Penulis:
Editor: Devan Alvaro
Sumber:

Bagikan: