Gubernur Sumbar Tinjau Kesiapan Asrama Haji Embarkasi Padang

Jemaah Tak Perlu Bawa Bekal untuk Persediaan Selama Ibadah Haji

Al Imran | Kamis, 02-06-2022 | 20:34 WIB | 360 klik | Provinsi Sumatera Barat
<p>Jemaah Tak Perlu Bawa Bekal untuk Persediaan Selama Ibadah Haji<p>

Gubernur Sumbar, Mahyeldi meninjau kesiapan Asrama Haji Embarkasi Padang, jelang keberangkatan perdana CJH pada 4 Juni 2022, Kamis. (humas)

PADANG (2/1/2022) - Gubernur Sumbar, Mahyeldi meninjau Asrama Haji Embarkasi Padang, Kamis. Peninjauan ini guna melihat persiapan penerimaan dan pemberangkatan calon jemaah haji (CJH) kloter 1- 8 yang akan dimulai pemberangkatan pertama pada 4 Juni 2022 nanti.

Didampingi Kabid Penyiaran Haji dan Umroh Kemenag Sumbar, Joben serta beberapa kepala OPD terkait, gubernur mengecek satu per satu kesiapan embarkasi dalam menerima kedatangan jemaah hingga pelepasan jemaah.

Di antaranya Mahyeldi memastikan kesiapan petugas yang akan melayani jemaah, ruangan aula, ruang sekretariat, kamar asrama, toilet, tempat berwudhu, hingga ruang makan. Tujuannya, agar dapat memberikan pelayanan maksimal pada jemaah.


Menurut Mahyeldi, pelepasan kloter pertama di Embarkasi Padang akan jadi penerbangan pertama di Indonesia. Karena itu, Mahyeldi berharap, persiapan sudah matang dan seluruh petugas betul-betul memahami tentang tugas masing masing dengan baik.

"Insya Allah, kloter pertama secara resmi akan dilepas pada hari Sabtu. Diharap, kepada seluruh petugas di lokasi ini betul-betul memahami tentang tugas masing-masing. Karena itu, kita periksa kesiapan asrama kita, tempat istirahat jemaah, bagaimana supaya terfasilitasi dengan maksimal," jelas Mahyeldi.

Selain itu, Mahyeldi juga berharap, petugas asrama dapat menyiapkan tontonan tentang suasana di tanah suci. Sehingga, bisa mendorong dan memotivasi jemaah untuk melaksanakan ibadah yang mabrur nantinya sehingga ibadah haji jadi maksimal.

Terkait kondisi CJH saat ini, menurut Mahyeldi, berdasarkan laporan yang diterimanya, belum ada yang sakit dan berada dalam keadaan sehat.

"Alhamdulillah, dari informasi tadi belum ada yang sakit dan dalam keadaan sehat semuanya dan juga bisa berangkat sesuai jadwal yang telah ditentukan."

"Kepada jemaah saya mengimbau, untuk memastikan bahwa barang yang dibawa sudah sesuai ketentuan jenisnya dan beratnya," lanjut dia.

Sementara itu, Kabid Penyiaran Haji dan Umroh Kemenag Sumbar, Joben menyampaikan, terkait makanan, jemaah diimbau tidak perlu khawatir, karena selama di tanah suci diberikan makan tiga kali sehari.

"Jemaah tidak usah ragu soal makan. Untuk makan diberikan tiga kali sehari, jadi tidak harus bawa rendang. Kalau tidak bawa bekal rendang pun tidak apa-apa," kata Joben.

Di Asrama Haji Embarkasi Padang, saat ini terdapat total 408 tempat tidur. Untuk kloter pertama akan diberangkatkan sebanyak 393 orang CJH termasuk petugas. Secara keseluruhan, pemberangkatan CJH akan berlangsung hingga 2 Juli 2022 mendatang. (kyo)

Install aplikasi Valora News app di Google Play

Komentar