Feri Sonevil Pangku Gelar Datuk Asa Basa Suku Jambak Campago Ipuh

Al Imran | Kamis, 02-06-2022 | 21:07 WIB | 409 klik | Kota Bukittinggi
<p>Feri Sonevil Pangku Gelar Datuk Asa Basa Suku Jambak Campago Ipuh<p>

Wawako Bukittinggi, Marfendi menghadiri pelewaan gelar adat Dt Asa Basa ke Feri Sonevil, di Ipuh Mandiangin, Rabu. (hamriadi)

BUKITTINGGI (1/6/2022) - Kaum Suku Jambak di Campago Ipuh, Jorong Mandiangin Koto Selayan, melewakan Feri Sonevil memangku gelar Dt Asa Basa, di Ipuh Mandiangin, Rabu.

"Di acara Batagak Gala ini, juga dilakukan ba talia (tahlilan-red), shalat, makan dan minum, setelah itu baru dilakukan pengangkatan Datuak Asa Basa dari Suku Jambak," ungkap Pangka Tuo Kampuang Nagari Ipuh, Bachri.

Diketahui, acara melewakan gelar adat ke Feri Sonevil ini, menggantikan mamak sebelumnya yang telah meninggal dunia.


"Seorang datuk, harus jadi panutan masyarakat serta bagi anak kemenakan kedepan," harap Bachri.

Kesempatan Mengabdi

Wakil Wali Kota Bukittinggi, Marfendi Dt Basa Balimo yang ikut menghadiri melewakan gelar adat ini mengatakan, niniak mamak dari pucuak sampai pangka tuo, bisa berjalan dengan baik.

"Kita berharap, para ninik mamak memainkan perannya. Insya Alah kita akan coba membuat Peraturan Daerah (perda) yang berkaitan dengan kewenangan dan kewajiban para ninik mamak, untuk eksistensinya di pemerintahan," ungkap Marfendi.

Dikatakan, untuk Datuk Asa Basa yang baru dilewakan, momen ini merupakan kesempatan untuk mengabdi ke negeri ini (Kurai-red) sehingga anak kemenakan yang ada di Ipuh Mandiangin, bisa jadi orang-orang terbaik. (ham)

Install aplikasi Valora News app di Google Play

Komentar