Cara Pandang Memengaruhi Kesuksesan di Dunia Kerja

Al Imran | Kamis, 02-06-2022 | 22:38 WIB | 342 klik | Provinsi Sumatera Barat
<p>Cara Pandang Memengaruhi Kesuksesan di Dunia Kerja<p>

Tangkapan layar webinar yang dinisiasi Waketum VI DPP IKA Unand, yang menghadirkan Business Coach and Motivation Indonesia, Dedi Vitra Johor dan Direktur Kepatuhan Bank Nagari, Restu Wirawan, Kamis malam. Webinar ini mengambil tema "Sukses Di Dunia Kerja."

PADANG (2/6/2022) - Para pencari kerja, tidak boleh mudah merasa tidak aman (insecure) di saat mencari pekerjaan ataupun telah berada di dunia kerja. Untuk itu, pencari kerja ataupun yang akan merintis bisnis, mesti mengubah cara pandang (mindset).

Demikian dikatakan Business Coach and Motivation Indonesia, Dedi Vitra Johor dalam webinar yang digelar DPP IKA Unand, Kamis malam. Webinar yang mengambil tema "Sukses Di Dunia Kerja" ini juga menampilkan Direktur Kepatuhan Bank Nagari, Restu Wirawan yang juga ketua umum DPP IKATETA Unand.

"Perasaan insecure ini, merupakan persoalan mendasar dari angkatan kerja kita hari ini. Terlebih, jika yang bersangkutan memiliki sejumlah kelemahan mendasar," ungkap Dedi.


Dedi yang merupakan alumni Jurusan Akutansi Fakultas Ekonomi Unand menuturkan pengalaman dirinya yang cadel. Tak bisa menyebut huruf R dengan sempurna.

Sejak kecil, Dedy menyebut dirinya seorang yang tak percaya diri. Bahkan, Dedi lebih dikenal sebagai 'gempa man' oleh rekan-rekannya. Saking groginya saat di depan publik.

"Ketika saya mengubah cara pandang, alhamdulillah, juga mengubah cara saya bertindak. Jika terus terpaku dengan kelemahan, selamanya kita tak akan bergerak maju. Maka, segera lah take action maka miracle will be happened," kata Dedi, founder PT ASB Indonesia itu.

Ditegaskan Dedi, persentase keberhasilan seseorang itu, dipengaruhi strategi dan ilmu hanya ada di angka 12 persen.

"Keberhasilan mayoritas dipengaruhi cara pandang dan intuisi seseorang. Angkanya mencapai angka 88 persen," ungkap Dedi.

Selain itu, Dedi juga menyarankan, kalau bekerja di sebuah institusi, maka berusaha lah untuk memberikan yang terbaik. "Jika memberikan yang terbaik, Insya Allah yang terbaik juga akan kita terima," tukas dia.

Hal senada juga dikatakan Restu Wirawan. Semangat pantang menyerah, harus dimiliki setiap angkatan kerja terutama yang lulus perguruan tinggi.

Restu Wirawan pun mengisahkan perjuangannya dalam mencari kerja hingga akhirnya berkarir di Bank Nagari sampai dipercaya jadi salah seorang direksi.

Sementara, Ketua Umum Alumni DPP IKA Unand, Rustian mengapresiasi kegiatan yang digagas Waketum IV di bawah komando Feri Arlius Dt Sipado. Dalam waktu relatif singkat, webinar ini bisa diselenggarakan dengan menghadirkan pemateri yang berkompeten di bidangnya.

"Semoga, materi yang disampaikan pemateri, bisa menginspirasi alumni yang sudah bekerja ataupun yang baru lulus dan diwisuda akhir bulan kemarin," ungkap Rustian.

Rektor Unand, Prof Yuliandri juga mengapresiasi webinar yang digelar DPP IKA Unand ini. Menurutnya, webinar yang ditujukan untuk alumni muda Unand, pada akhirnya akan berpengaruh pada akreditasi perguruan tinggi.

"Semoga, kegiatan serupa juga bisa dilakukan setiap kali iven wisuda. Sehinga, alumni kita semakin siap untuk bersaing di dunia kerja," harap Prof Yuliandri pada webinar yang dipandu Siti Khairani Elhakim. (kyo)

Install aplikasi Valora News app di Google Play

Komentar