Tingkatkan Kapasitas Jelang Pemilu Serentak 2024: 320 ASN Sekretariat KPU se-Sumbar Ikuti Pelatihan Dasar Tata Kelola Pemilu

Jumat, 03 Juni 2022, 19:07 WIB | Kabar Daerah | Provinsi Sumatera Barat
Tingkatkan Kapasitas Jelang Pemilu Serentak 2024: 320 ASN Sekretariat KPU se-Sumbar Ikuti...
Anggota Tim Pakar KPU RI, Nazir Salim Manik memberikan materi tentang Pelatihan Dasar Tata Kelola Pemilu (Latsar TKP) bagi seluruh Aparatur Sipil Negara (ASN) Sekretariat KPU Provinsi dan KPU Kabupaten/Kota di Padang, Kamis. (humas)

PADANG (3/6/2022) - Sekjen KPU, Bernad Dermawan Sutrisno menekankan, Pelatihan Dasar Tata Kelola Pemilu (Latsar TKP) bagi seluruh Aparatur Sipil Negara (ASN) Sekretariat KPU Provinsi dan KPU Kabupaten/Kota se-Indonesia, merupakan bagian dari konsolidasi organisasi dalam rangka merapatkan barisan sebelum kesibukan tahapan Pemilu dan Pemilihan Serentak 2024 dimulai.

"Kesekretariatan KPU berada dalam satu kesatuan manajemen yang bersifat hierarki dan mono loyalitas, harus mampu jadi ASN yang unggul dalam pengetahuan (knowledge), keahlian dan keterampilan (skill), serta sikap/etos kerja (attitude) dalam menghadapi tantangan pelaksanaan tugas," tegas Bernad yang hadir secara Daring.

Latsar ini, bertujuan untuk meningkatkan kompetensi dan kapasitas ASN KPU. Dilaksanakan pada 2-21 Juni 2022 secara hybrid. Kegiatan ini akan diikuti 8.193 orang ASN KPU yang tersebar di 34 provinsi. Kegiatan ini merujuk surat Sekretaris Jendral (Sekjen) KPU No 1164/PLB.02-SD/13/2022.

Surat itu menginstruksikan bahwa, kegiatan ini dilaksanakan satu hari penuh oleh KPU Provinsi dan diikuti oleh seluruh ASN KPU provinsi dan kabupaten/kota di wilayah tersebut. KPU Sumatera Barat terpilih sebagai pelaksana Latsar TKP pada hari pertama, Kamis (2/6/2022) di Padang.

Baca juga: KPU Agam Gelar Lomba Cipta Maskot Pilkada, Ini Link Persyaratannya

Latsar ini diikuti 320 ASN KPU Sumbar dan 19 KPU Kabupaten/Kota se-Sumbar. Pemateri yang hadir adalah Anggota Tim Pakar KPU RI, Nazir Salim Manik dimana, pelatihan ini difasilitasi Tenaga Ahli KPU RI, Fadlilah Mohammad.

Latsar diawali dengan pre-test untuk mengukur kemampuan dan pemahaman ASN KPU dengan bidang pekerjaannya. Kemudian, peserta diberikan materi tentang dasar-dasar Pemilu dan demokrasi, juga materi kesekretariatan penyelenggara pemilu yang independen.

Setelah itu, dilaksanakan diskusi dan tanya jawab, dimana peserta menyampaikan pengalamannya ketika penyelenggarakan pemilu dan pemilihan di wilayah masing-masing. Kegiatan ditutup dengan pelaksanaan post-test yang akan jadi acuan indikator pemahaman dan keberhasilan pelaksanaan Latsar.

Dalam sambutannya sebelum menutup kegiatan, Sekretaris KPU Sumbar, Firman menyampaikan apresiasinya pada seluruh ASN KPU se-Sumbar, yang telah mengikuti kegiatan ini dengan antusias.

Baca juga: Pilkada Bermartabat, Berarti untuk Negeri jadi Tagline Pemilihan Serentak 2024 Tingkat Sumatera Barat

"Saya berkeyakinan, Sumbar akan jadi provinsi pertama yang seluruh ASN-nya lulus Latsar TKP ini," tukas Firman.

Halaman:

Penulis:
Editor:
Sumber:

Bagikan: