Tingkatkan Kapasitas Jelang Pemilu Serentak 2024

320 ASN Sekretariat KPU se-Sumbar Ikuti Pelatihan Dasar Tata Kelola Pemilu

Al Imran | Jumat, 03-06-2022 | 19:07 WIB | 157 klik | Provinsi Sumatera Barat
<p>320 ASN Sekretariat KPU se-Sumbar Ikuti Pelatihan Dasar Tata Kelola Pemilu<p>

Anggota Tim Pakar KPU RI, Nazir Salim Manik memberikan materi tentang Pelatihan Dasar Tata Kelola Pemilu (Latsar TKP) bagi seluruh Aparatur Sipil Negara (ASN) Sekretariat KPU Provinsi dan KPU Kabupaten/Kota di Padang, Kamis. (humas)

PADANG (3/6/2022) - Sekjen KPU, Bernad Dermawan Sutrisno menekankan, Pelatihan Dasar Tata Kelola Pemilu (Latsar TKP) bagi seluruh Aparatur Sipil Negara (ASN) Sekretariat KPU Provinsi dan KPU Kabupaten/Kota se-Indonesia, merupakan bagian dari konsolidasi organisasi dalam rangka merapatkan barisan sebelum kesibukan tahapan Pemilu dan Pemilihan Serentak 2024 dimulai.

"Kesekretariatan KPU berada dalam satu kesatuan manajemen yang bersifat hierarki dan mono loyalitas, harus mampu jadi ASN yang unggul dalam pengetahuan (knowledge), keahlian dan keterampilan (skill), serta sikap/etos kerja (attitude) dalam menghadapi tantangan pelaksanaan tugas," tegas Bernad yang hadir secara Daring.

Latsar ini, bertujuan untuk meningkatkan kompetensi dan kapasitas ASN KPU. Dilaksanakan pada 2-21 Juni 2022 secara hybrid. Kegiatan ini akan diikuti 8.193 orang ASN KPU yang tersebar di 34 provinsi. Kegiatan ini merujuk surat Sekretaris Jendral (Sekjen) KPU No 1164/PLB.02-SD/13/2022.


Surat itu menginstruksikan bahwa, kegiatan ini dilaksanakan satu hari penuh oleh KPU Provinsi dan diikuti oleh seluruh ASN KPU provinsi dan kabupaten/kota di wilayah tersebut. KPU Sumatera Barat terpilih sebagai pelaksana Latsar TKP pada hari pertama, Kamis (2/6/2022) di Padang.

Latsar ini diikuti 320 ASN KPU Sumbar dan 19 KPU Kabupaten/Kota se-Sumbar. Pemateri yang hadir adalah Anggota Tim Pakar KPU RI, Nazir Salim Manik dimana, pelatihan ini difasilitasi Tenaga Ahli KPU RI, Fadlilah Mohammad.

Latsar diawali dengan pre-test untuk mengukur kemampuan dan pemahaman ASN KPU dengan bidang pekerjaannya. Kemudian, peserta diberikan materi tentang dasar-dasar Pemilu dan demokrasi, juga materi kesekretariatan penyelenggara pemilu yang independen.

Setelah itu, dilaksanakan diskusi dan tanya jawab, dimana peserta menyampaikan pengalamannya ketika penyelenggarakan pemilu dan pemilihan di wilayah masing-masing. Kegiatan ditutup dengan pelaksanaan post-test yang akan jadi acuan indikator pemahaman dan keberhasilan pelaksanaan Latsar.

Dalam sambutannya sebelum menutup kegiatan, Sekretaris KPU Sumbar, Firman menyampaikan apresiasinya pada seluruh ASN KPU se-Sumbar, yang telah mengikuti kegiatan ini dengan antusias.

"Saya berkeyakinan, Sumbar akan jadi provinsi pertama yang seluruh ASN-nya lulus Latsar TKP ini," tukas Firman.

"Kami berharap, setelah mengikuti kegiatan ini, kita semua mempunyai pemahaman yang sama dan spirit yang kembali diperbarui untuk melaksanakan tugas dan fungsi kita sebagai sekretariat KPU dalam menyukseskan Pemilu dan Pemilihan Serentak Tahun 2024," tutup Firman.

Pelatihan TKP ini dirancang jadi pelatihan rutin dan berkelanjutan yang merupakan program Pusat Pelatihan, Penelitian dan Pengembangan KPU RI, sebagai pelatihan teknis penguatan kelembagaan KPU. (kyo)

Install aplikasi Valora News app di Google Play

Komentar