Forum Bank Sampah Inisiasi Geber Emas untuk Kurangi Sampah Plastik dari Sumbernya

Al Imran | Jumat, 03-06-2022 | 20:30 WIB | 105 klik | Kota Padang
<p>Forum Bank Sampah Inisiasi Geber Emas untuk Kurangi Sampah Plastik dari Sumbernya<p>

Ketua Panitia HLH Forum BS MSME, Eko Muhardi memimpin rapat panitia tentang persiapan peringatan HLH 2022 di Padang, Jumat.

PADANG (3/6/2022) - Ketua Forum Bank Sampah Memilah Sampah Menabung Emas (BS MSME) Indonesia, Mina Dewi Sukmawati mengatakan, momentum Hari Lingkungan Hidup (HLH) Sedunia yang jatuh pada Senin (5/6/2022) depan, harus dijadikan ajang edukasi masyarakat agar mengurangi timbulnya sampah plastik dari sumbernya.

"Momentum HLH, harus dijadikan momentum untuk memberi penyadaran serta menurunkan peringkat Indonesia sebagai laut tercemar nomor 2 di dunia," ucap Dewi Mina yang juga Dirut Bank Sampah Induk (BSI) Pancadaya di Padang, Jumat.

Memeringati HLH Tahun 2022 ini, Forum BS MSME Indonesia menggelar serangkaian kegiatan bertajuk 'Gerakan Bersama Edukasi Masyarakat (Geber Emas),' yang dikerjasamakan bersama mitra Bank Sampah Induk (BSI) Pancadaya seperti Pegadaian, JNT, Poltekes dan Walhi Sumbar.


Ketua Panitia HLH Forum BS MSME, Eko Muhardi menyebutkan, rangkaian iven yang telah disiapkan panitia adalah Live Streaming Talkshow Geber Emas Mengurangi Sampah Plastik Satu Bumi.

Tampil sebagai pembicara, Meri Andriati Surya dari Pegadaian, Evi Yandri Rajo Budiman (tokoh masyarakat Padang), Mina Dewi Sukmawati (Ketua Forum BS MSME Indonesia) dan Eko Muhardi (Pembina serta pelaku Bank Sampah).

Kemudian, juga diadakan Lomba Literasi yang akan diikuti perwakilan bank sampah binaan Pegadaian dengan total hadiah Rp7,5 juta.

Juga ada lomba Daur Ulang Sampah yang nantinya diikuti tiga orang perwakilan Bank Sampah dengan total hadiah Rp7,5 juta.

"Iven paling banyak menyedot massa adalah aksi Geber Emas, dengan berbagi kantong belanja berbahan kain di Pasar Raya Padang dan pasar tradisional seperti Pasar Lubuk Buaya dan Pasar Bandar Buat," ungkap Eko Muhardi.

"Kita berharap, kegiatan Geber Emas ini akan tumbuh semangat hidup cinta lingkungan dan bersih dari sampah," ucap Eko yang juga Pembina BSPD 11 RW 06 Taratak Paneh. (kyo)

Install aplikasi Valora News app di Google Play

Komentar