Cek Siaran Televisi Digital, Unduh Aplikasi 'Sinyal TV Digital' di iOS dan Android

Jumat, 03 Juni 2022, 22:37 WIB | News | Provinsi Sumatera Barat
Cek Siaran Televisi Digital, Unduh Aplikasi 'Sinyal TV Digital' di iOS dan Android
Tangkapan layar hasil pencarian sinyal digital melalui aplikasi Sinyal TV Digital yang diunduh melalui perangkat gawai berbasis android.

PADANG (3/6/2022) - Sebagai seorang praktisi di bidang teknologi informasi dan komunikasi (TIK), Milza tak terlalu khawatir dengan peralihan siaran dari sistem analog ke digital yang berlaku efektif 2 November 2022, sebagaimana ditetapkan UU No 11 Tahun 2020 tentang Cipta Kerja.

Walau mengaku tak khawatir, pria dengan dua anak ini tak begitu tahu, apakah siaran digital telah berlaku ditempat tinggalnya di Komplek Filano, Kelurahan Parak Karakah, Kecamatan Padang Timur.

"Kabarnya, alatnya tak begitu mahal. Masih ramah di kantong. Jika nanti siaran televisi tak dapat lagi sebagaimana biasanya, kan tinggal beli alatnya saja ke toko elektronik," ungkap Milza, Jumat malam.

Sebelum membeli alat pengubah sinyal analog ke digital atau Set Top Box (STB), masyarakat bisa memeriksa sinyal TV Digital di daerah tempat tinggalnya melalui aplikasi 'Sinyal TV Digital.'

Baca juga: Bakti akan Bangun Infrastruktur Siaran Digital Mulai 2023 di Dua Daerah Blank Spot di Sumbar

Aplikasi untuk memastikan adanya proses migrasi ke siaran digital itu, dibuat oleh Kemenkominfo. Aplikasi ini dapat diunduh di perangkat iOS maupun Android.

Pengguna dapat mengunduh aplikasi Sinyal TV Digital yang berukuran 32.8 MB ini secara gratis.

Berikut langkah-langkah yang harus dilakukan untuk mengetahui sinyal saluran TV Digital di lokasi Anda:

  • Pertama, unduh aplikasi 'Sinyal TV Digital' di Google Play Store atau Apple Store. Setelah terpasang, buka aplikasi itu di smartphone Anda.
  • Karena aplikasi ini membutuhkan perizinan lokasi, aplikasi ini akan meminta izin akses lokasi Anda, lalu pilih izinkan.
  • Selanjutnya, tampilan akan berubah menjadi peta sesuai lokasi, di tempat Anda berada. Misal, bila Anda di Tangerang maka tampilan petanya akan memperlihatkan area tersebut dan sekitarnya.
  • Di bagian kiri bawah terdapat kolom Legend. Jika dibuka, kolom tersebut akan memberikan informasi di mana lokasi sinyal tv digital dengan keterangan kuat hingga lemah.

Baca juga: PT POS Cabang Pariaman Salurkan 120 STB di Dua Kelurahan

Aplikasi yang dikembangkan PT Bangunindo Teknusa Jaya ini, bisa mengetahui apakah di lokasi sudah memiliki layanan televisi digital atau belum.

Halaman:

Penulis:
Editor:
Sumber:

Bagikan: