Gubernur Sumbar Lepas Rombongan Perdana JCH Embarkasi Padang

Al Imran | Sabtu, 04-06-2022 | 20:25 WIB | 621 klik | Provinsi Sumatera Barat
<p>Gubernur Sumbar Lepas Rombongan Perdana JCH Embarkasi Padang<p>

Gubernur Sumbar, Mahyeldi menyelamati JCH asal Sumbar yang telah memasuki Asrama Haji Tabing, Sabtu. Mereka akan berangkat ke Madinah pada Ahad besok. (humas)

PADANG (4/6/2022) - Gubernur Sumatera Barat, Mahyeldi menyampaikan harapan untuk para jamaah haji yang berangkat pada musim haji 2022 ini, agar tetap dalam keadaan sehat untuk melaksanakan seluruh rangkaian ibadah haji secara sempurna.

"Semoga, para jamaah haji Sumbar dibimbing Allah SWT dan kemudian melaksanakan rangkaian ibadah haji mulai berangkat ke tanah suci hingga kembali ke rumah tercinta secara maksimal," ungkap Mahyeldi saat melepas jamaah calon haji (JCH) Sumatera Barat dan Bengkulu, di Asrama Haji Embarkasi Padang, Sabtu.

Dikatakan, keberangkatan hari ini merupakan musim haji perdana sejak wabah Covid19 melandai di Indonesia. Mahyeldi yang juga Ketua Ikatan Persaudaraan Haji Indonesia (IPHI) Sumatera Barat, menyampaikan selamat dan rasa syukur, terhadap para jemaah yang memiliki kesempatan untuk menunaikan ibadah haji ke tanah suci.


"Saya ucapkan selamat menunaikan ibadah haji, semoga bapak dan ibu selalu diberikan oleh Allah SWT dan ikhlas menunaikan ibadah haji, karena syarat utamanya haji adalah ikhlas," ungkapnya.

Dia juga turut meminta doa kepada jamaah haji yang berangkat, untuk mendoakan pemimpin-pemimpin Indonesia, agar dapat membangun daerah dan bangsa dengan semangat persatuan dan kesatuan.

"Kemudian juga tolong didoakan kami yang tinggal di kampung halaman ini dan juga pemimpin kita. Mudah-mudahan, kami ini senantiasa di bawah bimbingan Allah SWT," harap Mahyeldi.

Seusai sambutan, Mahyeldi melepas secara resmi para jamaah kloter pertama Embarkasi Haji Kota Padang yang akan berangkat ke tanah suci.

Dalam laporannya, Kepala Kantor Wilayah Kementerian Agama Sumbar, Helmi mengatakan, Embarkasi Padang akan memberangkatkan sebanyak 2.840 JCH. Kesemuanya akan diterbangkan dalam tujuh kelompok penerbangan (Kloter).

Dimana, lima kloter diikuti 2.093 orang berasal dari Sumbar. Sementara, dua Kloter lainnya menerbangkan 747 jemaah asal Bengkulu.

Ia juga mengatakan, para JCH sebelum diberangkatkan, telah mempersiapkan diri mereka sejak tahun 2020, mereka sepanjang tahun melaksanakan manasik mandiri sepanjang tahun.

Disamping itu, Kemenag juga menyelenggarakan beberapa inovasi penyelenggaraan haji pada tahun ini. Antara lain, menyurati bupati/wali kota untuk mengantar dan menyambut kepulangan jamaah haji asal daerahnya.

Kemudian, menyambut kedatangan jamaah haji dengan shalawat badar dan kalimat-kalimat talbiyah, menyemarakkan ibadah haji dengan spanduk-spanduk yang bernuansa haji sepanjang rute, menyediakan tempat duduk bagi petugas Kloter secara menyebar dan lain sebagainya.

Turut hadir dalam pelepasan jamaah haji tersebut, Wakil ketua DPRD Sumbar, Suwirpen Suib, Walikota Padang, Hendri Septa, Kepala Kejaksaan Sumbar, Yusron, Rektor UIN Imam Bonjol, Prof Martin Kustati.

Selanjutnya, Kepala Dinas Kesehatan, Lila Yanwar, Ketua LKAAM Sumbar, Fauzi Bahar, Kepala Balai Diklat Padang, Khoirul Amani dan Kepala UPT Asrama Haji Embarkasi Padang, Taufiq Abdullah. (kyo)

Install aplikasi Valora News app di Google Play

Komentar