20 Unit Rumah Terendam Banjir di Kelurahan Puhun Tembok

Al Imran | Rabu, 08-06-2022 | 07:00 WIB | 96 klik | Kota Bukittinggi
<p>20 Unit Rumah Terendam Banjir di Kelurahan Puhun Tembok<p>

Alat berat dikerahkan untuk mengangkat sampah yang menyumbat saluran drainase di kelurahan Puhun Tembok, Selasa sore. (hamriadi)

BUKITTINGGI (7/6/2022) - Hujan lebat Selasa sore, menyebabkan sedikitmya 20 unit rumah di Kelurahan Puhun Tembok RW 05 RT 02 Kecamatan Mandiangin Koto Selayan, terendam banjir.

"Laporan di lapangan, terjadi penyumbatan drainase. Banyak sampah dan material kayu yang masuk dalam drainase, sehingga air meluap. Namun, saat ini situasi susah terkendali," ungkap Wako Bukittinggi, Erman Safar seputar penyebab banjir.

Dijelaskan Erman Safar, kejadian berawal dari hujan deras yang mengguyur Kota Bukittinggi, Selasa sore. Karena ada laporan warga, tim langsung bergerak untuk menuju lokasi, membantu proses evakuasi.


"Kami tadi sore mendapat laporan langsung dari warga. Kemudian kami arahkan segera tim BPBD, PU, SKPD terkait lainnya untuk membantu proses evakuasi," ungkap Erman Safar.

Dari data sementara, setidaknya terdapat 20 rumah yang terdampak banjir hingga penghuni rumah harus dievakuasi sementara.

SKPD terkait langsung melakukan pengerukan sampah dan melakukan penyedotan air bagi rumah yang sudah bisa dilakukan penyedotan.

Tidak sampai disitu saja, Erman Safar juga memastikan bantuan segera didistribusikan kepada korban.

"Kami juga sudah arahkan dinas sosial, untuk segera mengantarkan bantuan untuk korban. Bantuan yang diberikan diantaranya berupa makanan, kasur, makanan bayi dan peralatan lain yang dibutuhkan," pungkasnya. (ham)

Install aplikasi Valora News app di Google Play

Komentar