Silpa Bukittinggi 2021 Jauh Tinggalkan Realisasi Pendapatan Asli Daerah

Rabu, 08 Juni 2022, 15:15 WIB | Kabar Daerah | Kota Bukittinggi
Silpa Bukittinggi 2021 Jauh Tinggalkan Realisasi Pendapatan Asli Daerah
Suasana rapat paripurna DPRD Bukittinggi, Rabu. (hamriadi)

BUKITTINGGI (8/6/2022) - APBD Bukittinggi 2021 mencatatkan jumlah Sisa Lebih Penggunaan Anggaran (Silpa) sebesaar Rp132 miliar lebih. Jumlah ini hampir menyamai target Pendapatan Asli Daerah (PAD) Bukittinggi 2022 sebesar Rp134,366 miliar.

"Kalau Silpa terjadi secara positif, tidak masalah. Terjadi secara negatif, ini kita pertanyakan," tegas Anggota Fraksi PKS DPRD Bukittinggi, Ibnu Azis, pada rapat paripurna, Rabu.

Menurut dia, penyumbang Silpa terbesar adalah Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR). Di antara proyek yang bernilai signifikan menyumbang Silpa, pekerjaan pembangunan saluran drainase dari SMPN 1 sampai Rumah Potong Hewan.

"Jika dipersentasekan dengan target belanja daerah sebesar Rp783 miliar, maka jumlah Silpa ini berada di angka 16,97 persen. Ini angka yang besar," ucapnya.

Baca juga: Urus Adminduk di Padang Cukup di Kelurahan

Menurut Ibnu Azis, persentasenya akan jauh lebih besar, jika dibandingkan dengan PAD tahun-tahun sebelumnya. Diketahui, pada tahun 2020, realisasi PAD Bukittinggi berada di angka Rp84 miliar. Pada tahun 2021, realisasi PAD Bukittinggi meningkat jadi Rp91,786 miliar lebih.

"Ini perlu jadi perhatian kedepan, agar angka Silpa bisa ditekan dan diminimalisir," tegasnya.

Politisi senior PKS ini menilai, jika Silpa disebabkan akibat tidak bisa dilaksanakan kegiatan secara maksimal atau ada kegiatan yang sama sekali tak terlaksana, perlu ditelusuri kembali proses perencanaannya.

"Kalau disebabkan kegiatan tak bisa dikerjakan, pertanyaannya, bagaimana proses perencanaan. Tentu tidak mungkin perencanaan dibuat-buat begitu saja," terang dia.

Baca juga: Festival Rakyat Muaro Padang, Hadirkan Suasana Tempoe Doeloe

Ibnu mengatakan, Silpa disebabkan aibat tidak jalannya kegiatan, tak saja di OPD PUPR tetapi juga pada OPD lainnya.

Halaman:

Penulis:
Editor: Devan Alvaro
Sumber:

Bagikan: