Kisah Ibu-ibu di Gunung Padang Kehilangan Serial FTV di Peralihan Siaran Analog ke Digital

Al Imran | Jumat, 10-06-2022 | 22:46 WIB | 234 klik | Kota Padang
<p>Kisah Ibu-ibu di Gunung Padang Kehilangan Serial FTV di Peralihan Siaran Analog ke Digital<p>

Ilustrasi.

PADANG (10/6/2022) - Tinggal di perbukitan dengan banyak pepohonan, memaksa warga yang bermukim di sekitaran Gunung Padang, terbiasa menikmati siaran televisi dengan tambahan parabola atau tivi berlangganan.

"Beberapa waktu lalu, para ibu-ibu pecinta salah satu serial FTV di rumah, sempat panik saat siaran RCTI tak lagi bisa diakses. Setelah tanya sana-sini, akhirnya diketahui penyebabnya adalah peralihan siaran analog ke digital (ASO)," ungkap Riki, warga setempat, Jumat.

Mengatasi masalah itu, terangnya, dibelilah perangkat Set Top Box (STB) ke toko elektronik di Pasar Raya Padang.


"Tak mahal. Masangnya juga tak ribet. Akhirnya, ibu-ibu pencinta FTV kembali ceria menikmati sinetron kejar tayang mereka," ungkap Riki sembari tersenyum, mengenang keriuhan yang sempat terjadi di keluarga besarnya.

Menyongsong ASO (Analog Switch Off), Kemenkominfo telah merancang langkah strategis agar amanat UU Cipta Kerja ini bisa berjalan dengan baik dan mulus. Dimana, setiap Lembaga Penyiaran Swasta, Lembaga Penyiaran Publik Lokal dan Lembaga Penyiaran Komunitas yang memiliki Izin Penyelenggaraan Penyiaran (IPP), diharuskan untuk melaksanakan migrasi siaran televisi analognya ke siaran televisi digital.

Pasal 72 angka 8 Undang-undang Cipta Kerja (sisipan Pasal 60A Undang-undang Penyiaran) telah mengamanatkan batas akhir penghentian siaran telvisi analog (analog switch off) paling lambat pada 2 November 2022.

Di antara langkah yang telah dilakukan yakni pertama, mempersiapkan infrastruktur. Saat ini, infrastruktur di Sumbar sudah bisa menjangkau 70 persen lebih dari populasi.

Langkah kedua yaitu menyiapkan pemindahan program siarannya. Ketika masyarakat beralih ke TV digital, harapannya bisa menonton siaran yang sebelumnya ditonton di analog. Di Padang ini, ada 20 siaran TV analog. Inilah yang akan dipindahkan ke digital.

Hal ketiga adalah perangkat, Set Top Box (STB). Ini alat penting untuk menonton siaran TV Digital. Masyarakata hanya perlu memastikan STB-nya bersertifikasi. Bagi rumah tangga miskin, pemerintah bersama lembaga penyiaran menyiapkan bantuan STB.

Hal keempat yang perlu dan penting adalah sosialisasi ke masyarakat.

Saat ini hal penting yang perlu mendapat perhatian masyarakat adalah kapan penghentian siaran TV Analog. Provinsi Sumatera Barat terbagi dalam delapan wilayah layanan siaran. Namun, hanya tiga wilayah layanan saja yang langsung terdampak ASO.

Ketiga wilayah layanan itu adalah Sumatra Barat-1 mencakup Kabupaten Solok, Kabupaten Sijunjung, Kabupaten Tanah Datar, Kabupaten Padang Pariaman, Kabupaten Agam, Kota Padang, Kota Solok, Kota Sawahlunto, Kota Padang Panjang, Kota Bukittinggi, Kota Pariaman. Kawasan tersebut masuk tahap pertama penghentian yaitu 30 April 2022.

Sedangkan Sumatera Barat-4 mencakup Kabupaten Lima Puluh Kota, Kota Payakumbuh dan Sumatera Barat-7 meliputi Kabupaten Pesisir Selatan masuk jadwal kedua ASO yaitu 25 Agustus 2022.

Untuk beralih ke TV Digital, ada satu langkah mudah yang bisa masyarakat lakukan yaitu melakukan pengecekan televisi di rumah masing-masing.

Kalau TV di rumah sudah ada tuner standar DVB T2 di dalamnya, cukup lakukan scanning ulang saja maka otomatis siaran digital sudah bisa dinikmati. Bila pesawat televisi masih analog, perlu tambahan STB.

Kalau masih belum adaptif, warga tak perlu panik. Cukup beli STB dengan harga mulai dari Rp150 ribu per unitnya. Catatan pentingnya, mesti bersertifikat dari Kemenkominfo.

Jika terpaksa harus beli televisi baru. Berikut Merk TV Digital yang bisa kamu jadikan sebagai pilihan dalam menemukan produk terbaik. Ini dia ulasan dan contoh produk yang bisa kamu temukan dengan mudah di pasaran.

  • 1. Aqua Japan

Aqua Japan LED TV LE32AQT9200M (32 Inch / HD / Digital / USB movie / Miracast)

Seperti namanya, Aqua Japan merupakan merk asal Jepang. Nah, merk ini juga menghadirkan TV digital yang bisa kamu pilih seperti Aqua Japan LED TV LE32AQT9200M [32 Inch / HD / Digital / USB movie / Miracast]. Harga TV digital ini adalah Rp 1,9 jutaan. Dengan membeli peralatan elektronik ini, kamu bisa mendapat HDMI serta menyaksikan USB movie sesuai keinginan. Dimensinya ialah 753 x 478 x 216 mm.

Ukuran layar yang disediakan adalah 32 inci dengan beraneka fitur lengkap. Resolusi TV digital serupa ialah HD Ready, yaitu 1366 x 768 piksel. Kualitas gambar yang dihadirkan jernih. Warnanya pun tajam. Kamu juga bisa menemukan port USB. Pemutaran video pun bisa kamu lakukan dengan USB flashdisk. kamu juga bisa menghubungkan TV ini dengan konsol game maupun perangkat media player.

  • 2. Coocaa

Coocaa LED Digital TV 24 Inch 24CTD2000 USB Movie HDMI DVB-T2

Coocaa merupakan salah satu merk produk elektronik terbesar asli dari Cina. Merk ini juga menghadirkan TV digital. Salah satu di antaranya ialah Coocaa LED Digital TV 24 Inch 24CTD2000 USB Movie HDMI DVB-T2. TV digital ini ditawarkan dengan harga Rp 1,5 jutaan. Kamu bisa mendapatkan TV dengan ukuran 44 inci. Ada juga garansi resmi 3 tahun serta panel 1 tahun servis.

Kehadiran panel IPS pada TV digital ini bisa membuat tampilannya makin cihuy. Kamu bisa merasakan kemudahan untuk menikmati berbagai tayangan memuaskan, sebab kualitas TV ini sudah HD Ready, 1366 x 768 piksel. Ada juga dolby audio yang bikin kamu merasa semakin puas dengan efek suara TV ini. Konsumsi daya yang dibutuhkan dalam pemakaian TV ini adalah 40 Watt.

  • 3. Samsung

Samsung UA32T4003AKXXD LED TV (32 Inch) - Digital TV Seluruh Indonesia

Samsung menjadi salah satu merk produk peralatan elektronik asal Korea Selatan yang udah terkenal. Kualitasnya pun bagus, seperti Samsung UA32T4003AKXXD LED TV [32 Inch] -- Digital TV Seluruh Indonesia. TV digital ini ditawarkan seharga Rp 2,4 jutaan. Layarnya berukuran 32 inci, dengan resolusi 1366 x 768 piksel. Ada pula dolby digital plus yang melengkapi pemakaiannya.

Konektivitas yang bisa kamu manfaatkan pada pemakaian TV digital ini adalah 1 USB dan 2 HDMI. Daya listrik yang dibutuhkan dalam penggunaannya yaitu 48 Watt. Kualitas gambar TV ini adalah HD, sehingga bisa memberikan tampilan yang jelas dan tajam. Lalu wide color enhancher membuat kualitas gambar yang ditampilkan pun semakin nyata dan nyaman dinikmati. Kejernihan gambar pun bisa kamu dapat.

  • 4. Polytron

POLYTRON Cinemax Digital LED TV 32

Merk lokal yang satu ini menyediakan TV digital juga lho untuk kamu. Salah satu pilihannya seperti POLYTRON Cinemax Digital LED TV 32 PLD 32TV1855 yang di pasaran ditawarkan dengan harga Rp 2,3 jutaan. Ada garansi 5 tahun yang bisa kamu dapatkan. Lalu ada juga USB play movie untuk memutar beraneka lagu, film, dan gambar dengan memanfaatkan USB flash drive.

Kamu bisa merasakan sensasi gambar HD Ready dengan resolusi 1366 x 768. Lalu ada juga tower speaker yang bisa memberi efek suara menyenangkan. Daya listrik yang dipakai untuk mengoperasikan TV digital ini adalah 55 Watt. Ukuran layarnya ialah 32 inci. Bobotnya 4,3 kg. Sementara itu, dimensi TV digital ini ialah 742 x 203 x 486 mm.

  • 5. Gazela

GAZELA TV LED DIGITAL 22 INCH DVB-T2 TERBARU - GARANSI 1 TAHUN

Gazela ternyata menjadi salah satu merk dalam negeri yang menyediakan TV digital. Salah satu produk merk ini yang bisa kamu andalkan ialah GAZELA TV LED DIGITAL 22 INCH DVB-T2 TERBARU -- GARANSI 1 TAHUN. Harga yang ditawarkan pada TV ini adalah Rp 700 ribuan aja. Ada juga remote control TV serta kartu garansi yang bisa kamu dapatkan dengan membeli TV ini.

Kamu bisa memakai USB pada TV ini. Kamu bahkan bisa memakainya sebagai layar komputer jika mau. Ada juga konektor HDMI, USB, dan VGA yang bisa kamu temukan. Lalu, ada juga sistem penghematan daya cerdas yang udah dihadirkan. Rasio kontras yang disediakan ialah 3000:1. Lalu konsumsi dayanya hanya 10 sampai 35 Watt. Resolusi yang dihadirkan juga HD, dengan LED backlight lift 50.000 jam.

  • 6. Philips

PHILIPS 24PHA4003S/70 LED TV (HDMI/ USB Movie/ VGA)

Philips menjadi merk peralatan elektronik asal Belanda yang udah terkenal sejak lama. Nah, merk ini udah menyediakan TV digital seperti PHILIPS 24PHA4003S/70 LED TV [HDMI/ USB Movie/ VGA]. Harga TV ini ialah Rp 1,4 jutaan. Desain yang dihadirkan slim yang juga dilengkapi digital crystal clear. Ukuran layarnya 24 inci, dengan adanya fitur motion rate.

Pada TV ini ada port 2 HDMI, VGA, dan 1 USB. Kejernihan layarnya memukau. Kamu juga bisa menemukan teknologi panel layar dengan kualitas bagus serta sistem pemroses video canggih. Resolusi yang disajikan adalah 1366 x 768 piksel. Kemudian aspek rasionya adalah 16:9. Dimensi TV ini ialah 193 x 472 x 730 mm, sementara itu bobotnya 4 kg. (kyo)

Install aplikasi Valora News app di Google Play

Komentar