Mind Id Mesti Kedepankan Eksplorasi hingga Produksi yang Berwawasan Lingkungan

Sabtu, 11 Juni 2022, 19:40 WIB | Bisnis | Nasional
Mind Id Mesti Kedepankan Eksplorasi hingga Produksi yang Berwawasan Lingkungan
Anggota Komisi VI DPR RI, Nevi Zuairina

JAKARTA (11/6/2022) - Anggota Komisi VI DPR RI, Nevi Zuairina mengatakan, perusahaan-perusahaan yang mengelola sumber kekayaan alam negara, mesti jadi perusahaan yang dapat memenuhi hajat hidup mayoritas masyarakat Indonesia.

Selain itu, bisa mempertahankan eksistensi jangka panjang kualitas kehidupan yang berwawasan lingkungan.

"MIND_ID yang dulunya PT INALUM (Indonesia Asahan Aluminium) merupakan BUMN pertama dan terbesar Indonesia yang bergerak di bidang peleburan aluminium, kini menjadi holding perusahaan pertambangan. Perusahaan ini mesti dapat menuntaskan dan meningkatkan proyek hilirisasi dalam rangka meningkatkan daya saing global," tutur Legislator asal Sumatera Barat itu, Sabtu.

Pernyataan itu disampaikan Nevi, ketika rapat dengar pendapat dengan Mind.Id (Mining Industry Indonesia), Jumat.

Baca juga: Nevi Zuairina Serahkan TJSL Semen Padang di 5 Titik

Dia mengingatkan, dalam peningkatan pertumbuhan eksplorasi dan produksi yang signifikan, mesti tetap memperhatikan pengembangan berwawasan lingkungan.

Perhatian terhadap lingkungan ini sangat penting, karena menjadi masa depan Indonesia juga akan dipengaruhi oleh apa yang dilakukan pengelola negara baik dalam eksplorasi maupun eksploitasi sumber daya alam kekayaan negara Indonesia.

Nevi mengatakan, Mind.Id yang merupakan BUMN Holding Industri Pertambangan Indonesia, beranggotakan PT ANTAM Tbk, PT Bukit Asam Tbk, PT Freeport Indonesia, PT Inalum (Persero) dan PT Timah Tbk.

Politisi PKS ini menambahkan, bahwa jargon Mind Id yang hadir untuk kemakmuran Indonesia, kemajuan peradaban dunia dan masa depan yang lebih baik, mesti dapat diimplementasikan secara nyata di lapangan.

Baca juga: Nevi Zuairina Minta Regulasi Perkoperasian Mampu Mengurai Persoalan

Bahkan, untuk dapat mewujudkan implementasi di lapangan, Komisi VI bersepakat telah memberikan dorongan kepada pemerintah agar ada prioritas dalam perizinan usaha pertambangan untuk Holding dan anggotanya.

Halaman:

Penulis:
Editor:
Sumber:

Bagikan: