PMI Pasbar Gelar Hari Donor Darah Sedunia, Risnawanto: Anak Milenial mesti jadi Pelopor DDS

Al Imran | Senin, 13-06-2022 | 15:28 WIB | 114 klik | Kab. Pasaman Barat
<p>PMI Pasbar Gelar Hari Donor Darah Sedunia, Risnawanto: Anak Milenial mesti jadi Pelopor DDS<p>

Ketua PMI Pasaman Barat, Risnawanto bersama Hendra Putra (Sekda Pasbar) mengisi biodata jelang mendonorkan darah pada peringatan Hari Donor Darah Sedunia (World Blood Donor Day) yang jatuh 14 Juni besok di selasar kantor bupati, Senin. (robbi irwan)

PASAMAN BARAT (13/6/2022) - Palang Merah Indonesia (PMI) Pasaman Barat, mengelar aksi donor darah sekaligus penyerahan penghargaan pada relawan donor darah di daerah itu, di selasar kantor bupati, Senin. Kegiatan ini sekaligus dalam rangka peringatan Hari Donor Darah Sedunia (World Blood Donor Day) yang jatuh 14 Juni besok.

Pada momentum Hari Donor Darah Sedunia, Ketua PMI Pasaman Barat, Risnawanto mengajak masyarakat untuk membantu sesama dalam melakukan donor darah.

Seiring dengan itu, sambutan Ketua Umum PMI Pusat, Jusuf Kalla yang dibacakan Risnawanto mengungkapkan, merujuk pada slogan peringatan Hari Donor Darah Sedunia tahun 2022 "Mendonorkan darah adalah suatu tindakan solidaritas, bergabunglah dan selamatkan nyawa."


Melalui slogan tersebut, PMI sangat mengapresiasi peran masyarakat sebagai penyedia darah yang berkelanjutan.

"Belajar dari pengalaman saat Pandemi Covid-19 lalu, sampai sekarang sudah ke arah transisi pandemi, kesetiaan para pendonor darah dalam mempertahankan kesehatannya agar mampu memberikan darah yang sehat, yang teruji sangat mendukung stok darah secara nasional," ucap Risnawanto.

Para pendonor darah sukarela, lanjutnya, sebagai bagian dari penyebaran nilai aksi kemanusiaan sekaligus nilai-nilai palang merah untuk terus membantu sesama tanpa membedakan suku, bangsa, agama dan ras.

PMI juga mengajak semua komponen masyarakat, khususnya kaum muda milenial, untuk jadi pelopor Donor Darah Sukarela (DDS).

Ia juga mengajak segenap jajaran Pengurus Kabupaten dan Kepala UDD PMI, terus berkomitmen dalam memberikan pelayanan terbaik kepada masyarakat.

"Kebutuhan stok darah kita harus selalu kita penuhi. Hari Donor Darah Sedunia dan Bulan Bakti ini sebagai pengingat untuk terus menyosialisasikan hingga tingkat nagari. Bukan hanya sosialisasi, peningkatan pelayanan juga telah kita lakukan dibeberapa unit pelayanan kesehatan," tegas Risnawanto.

Pada akhir kegiatan, Risnawanto bersama Sekretaris Daerah Pasbar, Hendra Putra, Kepala OPD dan stakeholder terkait, menyerahkan piagam penghargaan kepada perwakilan relawan donor darah yang telah melaksanakan donor darah sebanyak 10 kali dan 25 kali.

Piagam penghargaan juga diberikan kepada relawan donor darah milenial. Selain itu, FIFGroup sebagai sponsor utama kegiatan, menyerahkan 2 unit Portable Folding Bed kepada PMI yang diterima langsung Ketua PMI Pasbar.

Bukan hanya itu, FIFGroup juga memberikan hadiah berupa setrika, kompor gas, dispenser, mesin cuci serta makanan nutrisi bagi pendonor. Sedangkan beberapa OPD terkait juga memberikan hadiah lainnya. (pl1)

Install aplikasi Valora News app di Google Play

Komentar