Liputan Khusus: Padang Panjang Dicanangkan jadi Kota Statistik dan Kelurahan Cantik 2023

Senin, 13 Juni 2022, 19:56 WIB | Kabar Daerah | Kota Padang Panjang
Liputan Khusus: Padang Panjang Dicanangkan jadi Kota Statistik dan Kelurahan Cantik 2023
Deputi Bidang Metodologi dan Informasi Statistik Badan Pusat Statistik (BPS) RI, Imam Machdi menerima cenderamata dari Wako Padang Panjang, Fadly Amran usai pencanangan Kota Statistik dan Kelurahan Cinta Statistik (Kelurahan Cantik) tahun 2023, di hall ba

PADANG PANJANG (13/6/2022) - Kota Padang Panjang dicanangkan sebagai Kota Statistik dan Kelurahan Cinta Statistik (Kelurahan Cantik) tahun 2023. Pencanangan dilakukan Wali Kota Padang Panjang, H Fadly Amran, yang ditandai dengan pemencetan tombol sirine di Hall Lantai III Balai Kota.

"Pencanangan Kota Statistik adalah bagian dari rentetan progres kegiatan yang telah dilakukan sejak jauh hari. Dimulai dari peresmian Pojok Statistik, Forum Satu Data dan pembuatan website Serambi Data. Sehingga dari hasil kerja keras itu semua, kita dapat mencanangkan Kota Padang Panjang sebagai Kota Statistik pertama di Indonesia," kata Fadly saat memberikan sambutan, Selasa.

Dia mengungkapkan, pada saat ini data merupakan hal yang sangat eksklusif dan penting dalam menentukan arah pembuatan kebijakan dan pembangunan Kota Padang Panjang ke depan.

"Saat ini, data bisa dibilang sangat penting sekali. Tidak heran, kalau presiden mengatakan data ini sebagai new oil, karena nantinya yang menguasai datalah yang akan menguasai dunia (berjaya). Untuk itu, pemerintah saat ini dituntut untuk harus menguasai data, baik secara nasional maupun secara global," ungkapnya.

Baca juga: Semarak Ramadhan di Kota Padang Panjang, Dari Itikaf, Berbagi Berkah hingga Tadarusan

Fadly berharap, dengan langkah awal yang diambil Pemerintah Kota ini, nantinya dapat menjadi gerakan bersama khususnya bagi Pemerintah Daerah di Provinsi Sumatera Barat. Sehingga nantinyanya Sumatera Barat juga dapat menjadi Provinsi Statistik pertama di Indonesia.

"Mari kita tekankan, jangan sampai pencanangan ini hanya sebatas seremonial belaka, tanpa betul-betul melihat sejauh mana target yang dicanangkan. Jadi saya berharap kerja sama kita semua, bagaimana betul-betul melirik target Kota Padang Panjang yang hari ini telah dicanangkan sebagai Kota Statistik. Saya harap kita semua dapat concern dengan pencanangan Kota Statistik ini," harapnya.

Kombinasi Hybrid

Baca juga: Kerugian Warga Padang Panjang Akibat Erupsi Gunung Marapi Capai Rp13 Miliar

Sementara itu, Deputi Bidang Metodologi dan Informasi Statistik Badan Pusat Statistik (BPS) RI, Imam Machdi mengapresiasi Kota Padang Panjang yang telah mengambil langkah awal sangat baik, dengan berani mencanangkan diri sebagai Kota Statistik pertama tahun 2023.

Halaman:

Penulis:
Editor: Devan Alvaro
Sumber:

Bagikan: