Risnawanto Buka Lomba Bercerita Tingkat SD/MI

Selasa, 14 Juni 2022, 17:49 WIB | Kabar Daerah | Kab. Pasaman Barat
Risnawanto Buka Lomba Bercerita Tingkat SD/MI
Wakil Bupati Pasbar, Risnawanto membuka Lomba Bercerita Tingkat Sekolah Dasar/Madrasah Ibtidaiyah (SD/MI) se-Kabupaten Pasaman Barat, Selasa. (robi irwan)

PASAMAN BARAT (14/6/2022) - Dinas Kearsipan dan Perpustakan, menggelar Lomba Bercerita Tingkat Sekolah Dasar/Madrasah Ibtidaiyah (SD/MI) se-Kabupaten Pasaman Barat, Selasa. Lomba dibuka Wakil Bupati Pasbar, Risnawanto.

Dalam sambutannya, Risnawanto menjelaskan, seiring perkembangan zaman semakin lama minat baca dan bercerita anak-anak dan generasi muda semakin menurun. Dengan perkembangan teknologi saat ini, menjadi tantangan sendiri bagi para orangtua dalam menyemangati anak untuk gemar membaca dan bercerita.

"Dulu orang tua kita selalu mendongeng, bahkan kita sangat menunggu diberi cerita menjelang tidur. Apa yang diceritakan orangtua, kita akan kita ingat hingga kita dewasa," ujarnya.

Bukan hanya minat baca dan berceritanya yang kurang, anak-anak zaman sekarang ini, tidak memiliki mental bercerita didepan khalayak ramai.

Baca juga: Halal Bihalal dengan LKAAM Pasbar, Risnawanto Nyatakan Siap jadi Calon Bupati di Pilkada 2024

Untuk itu, dengan dilaksanakan lomba oleh Dinas Kearsipan dan Perpustakaan, diharapkan dapat meningkatkan kembali kegemaran membaca dan bercerita anak-anak dan generasi muda Pasaman Barat.

"Kenapa dari usia dini, karena di usia ini usia yang tepat memupuk mental anak agar mencintai buku dan berani tampil. Sebab, anak-anak ini juga lah yang akan jadi penerus kita. Saya berharap, semua penggiat dan unsur di dunia pendidikan dapat mendukung program ini," kata Risnawanto.

Dalam memotivasi anak didik, tambahnya, nantinya di seluruh kecamatan harus mengikuti lomba tersebut. Memaksimalkan jumlah peserta lomba dan menambah hadiah untuk pemenang dan peserta lomba.

Kadis Kearsipan dan Perpustakaan Pasbar, Muharram menyebutkan, kegiatan lomba diselenggarakan untuk memupuk rasa percaya diri, menciptakan kekuatan mental pelajar tampil dalam berbagi kegiatan yang bermanfaat, serta menumbuh kembangkan kecintaan akan budaya musantara.

Baca juga: 52 Ribu Pengunjung Hadiri Kegiatan Pesta Pantai Sasak, Ini Kata Wabup Pasbar

"Peserta lomba terdiri dari pelajar SD/MI perwakilan seluruh Korwil di Pasbar, yang lombanya sudah dilaksanakan pada tingkat kecamatan. Dewan juri terdiri dari penggiat literasi Pasbar," jelas Muharram.

Halaman:

Penulis:
Editor:
Sumber:

Bagikan: